MEDIA CENTER REJANG LEBONG: Wakil Rektor 2 Universitas Pat Petulai (UPP), Ibu Guswarni Anwar, Ph.D, tampil menjadi Pembicara mewakili UPP dalam seminar virtual internasional yang diselenggarakan oleh Universitas Bidhan Chandra Krishi Viswavidyalaya ( BCKV) India, bekerja sama dengan Lincoln University College, Malaysia.pada Minggu, 12 Juli 2020.

Dalam seminar tersebut beliau tampil sebagai satu-satunya Pembicara dari Indonesia sekaligus satu-satunya perempuan diantara Pembicara lainnya dari USA, India, dan Malaysia. Beliau menyampaikan materi yang berkaitan dengan menciptakan lingkungan hijau melalui pengelolaan hutan secara berkelanjutan. Acara tersebut diikuti oleh ribuan peserta dari akademisi dan umum baik dari India, Malaysia, Indonesia dan beberapa negara lain yang antusias mengikutinya melalui Zoom Cloud Meeting, Facebook, dan Youtube LUC, Malaysia. Acara tersebut juga direlay langsung oleh UPP melalui Live Streaming Youtube UPP.

Prof. Anupam Pariari, Ph.D selalu Ketua Panitia dari BCKV, India menyampaikan apreasiasi yang tinggi dan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut andil hingga terlaksananya program tersebut. Hal ini beliau sampaikan langsung kepada semua Pembicara dan peserta: “”My regards and sincere gratitude to you all. Hoping your kind cooperation and equal response in our next program. Prof. A. Pariari, our Honorable Vice Chancellor is very happy with the success of this collaborative program”.

Kehadiran WR 2 UPP sebagai Pembicara dalam acara tersebut merupakan tindaklanjut dari kesuksesan Seminar Virtual Internasional yang dilaksanakan UPP kolaborasi dengan LUC Malaysia pada tanggal 26 Juni 2020. Selanjutnya, disepakati untuk melanjutkan kerja sama akademik antara BCKV India dan UPP yang akan dituangkan berupa pembuatan Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MOA).Pihak UPP dan BCKV India serta LUC Malaysia sepakat untuk melaksanakan seminar virtual internasional selanjutnya dengan topik lain dalam waktu dekat.

“Saat ini kami sedang mempersiapkan 2 seminar virtual internasional berkolaborasi dengan LUC Malaysia dan BCKV India. Bertepatan dengan acara Dies Natalis UPP ke-1 pada tanggal 24 Juli 2020, UPP juga akan melaksanakan seminar virtual kewirausahaan yang akan menghadirkan pembicara dari dalam dan luar negeri”, demikian pernyataan Ibu Guswarni Anwar, Ph.D yang merupakan Wakil Rektor UPP menangani bidang sumber daya dan kerja sama. Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa UPP di usianya yang masih sangat muda sudah mampu mensejajarkan dirinya dengan universitas lain bahkan dari luar negeri dengan sukses menyelenggarakan seminar virtual nasional dan internasional. Semoga prestasi ini bisa membawa harum nama Kabupaten Rejang Lebong dan Provinsi Bengkulu. (Mcrl.Intan)