MEDIA CENTER REJANG LEBONG – Asisten III Setda Kabupaten Rejang Lebong Drs. Sumardi, MM menghadiri dan membuka Sosialisasi dan Penyampaian Progres Report Survey Kepuasan Masyarakat Tahun 2022 yang diselenggaran oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP).

Pembukaan kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Mutiara Curup tadi pagi Selasa (28/6), dihadiri oleh Kepala DPM-PTSP Ir Afnisardi, Kasatpol PP Ahmad Rifa’i,SP serta diikuti oleh para peserta sosialisasi.

Dalam sambutannya, Asisten III Drs. Sumardi,MM menyampaikan, sosialisasi ini dilaksanakan untuk mengajak seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), UPT dan pelaku usaha pelayanan publik baik perizinan dan perizinan non usaha, pelayanan kesehatan dan pelayanan publik lainnya untuk dapat melaksanakan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM).

“Bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan atas pelayanan yang diberikan. Melalui survey kepuasan masyarakat ini mari kita sama-sama melakukan perbaikan kualitas pelayanan berkesinambungan melalui pembenahan sistem pelayanan secara menyeluruh dan terintegrasi,” jelas Sumardi, Selasa (28/6).

Sementara itu, Kepala DPM-PTSP Kabupaten Rejang Lebong Ir. Afnisardi mengungkapkan, tujuan dari dilakukannya survei kepuasan masyarakat yakni untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat sebagai pengguna layanan dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik.

“Nilai survei kepuasan masyarakat dihitung dengan menggunakan nilai rata-rata tertimbang masing-masing unsur pelayanan,” ujar Afnisardi.

“Dalam perhitungan survei kepuasan masyarakat terhadap sembilan unsur pelayanan yang dikaji, mengingat unit pelayanan mempunyai karakteristik yang berbeda-beda,” tambahnya.

Dia juga menjelaskan ada beberapa sasaran dalam survey kepuasan masyarakat ini yakni, mendorong partisipasi masyarakat sebagai pengguna layanan dalam menilai kinerja penyelenggara pelayanan, mendorong penyelenggara pelayanan masyarakat untuk meningkatkan kualitas penyelenggara pelayanan publik.

Kemudian mendorong penyelenggara pelayanan menjadi lebih inovatif dalam menyelenggarakan pelayanan publik, serta mengukur kecenderungan tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik.

“Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan dalam melalukan survey kepuasan masyarakat ini, mulai dari Tahapan Pelaksanaan, Metode Survey dan Olah Data,” pungkasnya. (Reporter Andi, Editor Aditya MCRL)