DISKOMINFO – MEDIA CENTER REJANG LEBONG : Sebagai upaya Revitalisasi Pasar Atas dan juga merupakan salah satu janji Bupati dan Wakil Bupati Rejang Lebong (Drs Syamsul Effendi,MM dan Hendra Wahyudiansyah,SH) untuk revitalisasi (membenahi) pasar atas dalam kawasan Kota Curup, tadi malam dini hari (24/11) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong melalui Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian (Disperindagukmkop) bekerjasama dengan jajaran Polres Rejang Lebong, Polsek Curup, Satuan Polisi Pamong Praja, Camat Curup Tengah, DLH (Dinas Lingkungan Hidup), Dinas Pemadam Kebakaran (DPK), Dinas Perhubungan beserta sejumlah personil TNI (Tentara Nasional Indonesia) mengambil langkah untuk pembenahan pasar atas Curup, dengan membongkar puluhan lapak pedagang kaki lima (PKL) yang berada di jalan Ade Irma Suryani Nasution tepatnya di Kelurahan Pelabuhan Baru Kecamatan Curup Tengah Kabupaten Rejang Lebong.

Dalam hal ini, Kepala Dinas Perdagangan Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian (Disperindagukmkop) Dra Upik Zumratulaini,M.Si mengatakan, sebelum melakukan tindakan pembongkaran lapak sebelumnya Disperindagukmkopnya sudah melakukan sosialisasi pada semua pedagang, lalu sudah rapat bersama juga dengan lintas OPD (Organisasi Perangkat Daerah).

“Untuk pembongkaran malam ini tidak ada pertentangan antara pedagang kaki Lima dan petugas, mungkin ada sedikit kesalahpahaman karena mungkin saat sosialisasi mereka tidak ada d tempat, tapi untuk dijelaskan, ini semua untuk kepentingan masyarakat, bukan kepentingan Pemerintah,” tegas Upik sapaan akrab Ibu Kadis ini, tadi malam jelang dini hari Rabu (24/11).

Ditambahkan Upik yang pernah menduduki kursi Kepala Dinas Pariwisata ini bahwa, Pemkab Rejang Lebong selama ini sudah berupaya membangun los pasar rakyat untuk kepentingan rakyat atau pedagang itu sendiri.

“Selama saya berdinas ada sekitar 100-106 pedagang akan kita alihkan ke eks terminal lama dan pedagang masih tetap langsung bisa berjualan di kawasan pasar atas,” ujarnya kembali.

Dilain sisi, Kapolsek Curup, Iptu Samsudin SH mengungkapkan, dirinya hadir disini untuk melakukan pengamanan, sampai saat ini menurutnya keadaan masih dalam keadaan kondusif aman dan terkendali.

“Untuk dari Polsek sendiri kami ada 10 Personil, dari Satuan Polisi Pamong Praja 20% dan dari Kodim 0409 ada sekitar 10%, Alhamdulillah untuk kegiatan pengamanan malam ini berjalan lancar atas tanpa ada kendala apapun, ini semua Alhamdulillah atas kerjasama dari semua pihak,” jelas Kapolsek Curup.

Terpisah, Kasat Satpol PP Rejang Lebong, Akhmad Rifa’i,S.Sos, menyampaikan, kegiatan malam ini berjalan dengan lancar tidak ada permasalahan baik dari pedagang maupun dari masyarakat setempat.

”Kegiatan malam ini sudah kita rencanakan pengamanannya baik dari aparat TNI, Polres, Satpol PP, Satgas Pasar Atas dan Disperindagkopukm, artinya kita bahu-membahu bersama dengan satgas serta masyarakat dan mereka sudah memahami itu, untuk kedepannya kita akan rutin melakukan penertiban dan kita akan mendirikan Pos Satgas bersama di kawasan Pasar atas Curup,” ungkap Kasat Pol PP. (Adit MCRL)