DISKOMINFO – MEDIA CENTER REJANG LEBONG : Bertempat di Gedung Istimewa Ruang Paripurna DPRD Kabupaten Rejang Lebong pada tadi pagi hingga berakhir jelang siang hari ini Senin (14/6) telah digelar Paripurna ‘Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Rejang Lebong langsung dipimpin oleh Ketua DPRD Mahdi Husen,SH dan Sekretaris Daerah (Sekda) mewakili Bupati dan Wakil Bupati.

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Pemkab Rejang Lebong H. RA Denni,SH,MM mengatakan, laporan keuangan Pemerintah Daerah sebagai bentuk pertanggungjawaba pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2020. Hal ini disusun berdasarkan PP (Peraturan Pemerintah) Nomor 71 Tahun 2010 tentang standar akuntansi pemerintahan, PERMENDAGRI Nomor 64 Tahun 2013 tentang penerapan standar akuntansi pemerintahan berbasis akrual pada Pemerintah Daerah dan PERMENDAGRI Nomor 13 Tahun 2006 tentang pedoman pengelolaan keuangan daerah sebagaimana telah diubah beberapa terakhir dengan PERMENDAGRI Nomor 21 Tahun 2011.

“Secara keseluruhan realisasi APBD dapat disampaikan, realisasi pendapatan mencapai Rp998.564.715.728,17 dan realisasi belanja Rp1.033.916.525.051,88 dengan def           isit sejumlah 35.351.809.323,71 ditambah pembiayaan netto sebesar Rp39.165.537.325,40 menujukkan jumlah sisa lebih pembiayaan anggaran Tahun berkenan sebesar Rp3.813.728.001,69 (Tiga Milyar Delapan Ratus Tiga Belas Juta Tujuh Ratus Dua Puluh Delapan Ribu Satu Rupiah Koma Enam Puluh Sembilan),” jelas Sekda didepan forum hadirin Paripurna LPJ ini, Senin (14/6).

Ditambahkan Sekda, harapan Pemkab Rejang Lebongnya Raperda tentang LPJ Pelaksanaan APBD Rejang Lebong Tahun Anggaran 2020 mendapat perhatian dan dapat dibahas dalam waktu yang tidak terlalu lama oleh Anggota Dewan di Parlemen sesuai dengan mekanisme dan tata tertib Dewan, yang berpedoman pada Peraturan Perundang-Undangan.

 

 

Dilain sisi, Ketua DPRD Rejang Lebong Mahdi Husen,SH mengungkapkan, terimakasihnya dari semua jajaran DPRD Rejang Lebong disampaikan pada Sekda Rejang Lebong telah menyampaikan Nota Pengantar RAPERDA LPJ Pelaksanaan APBD Rejang Lebong Tahun Anggaran 2020 dan Rancangan Peraturan Bupati (Perbup) Penjabaran Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Rejang Lebong Tahun Anggaran 2020.

“Atas nama Pimpinan dan Anggota Dewan menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak/Ibu Undangan sekalian yang telah mengikuti acara ini dari awal himgga sampai akhir syukur Alhamdulillah dapat terlakasana dengan baik. Kami menyadari sepenuhnya kemungkinan terdapat kekurangan dan kealfaan selama kami memimpin rapat Paripurna ini, pada kesempatani ini perkenankanlah kami menyampaikan permohonan maaf,” ujar Mahdi Husen dengan penuh rasa syukurnya.

Untuk diketahui, forum Rapat Paripurna ini dipimpin langsung Ketua DPRD Rejang Lebong Mahdi Husen,SH dengan turut hadir mewakili Bupati dan Wakil Bupati Rejang Lebong adalah Sekretaris Daerah (Sekda) Sekretaris Daerah (Sekda) serta dihadiri juga segenap Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) meliputi, Kapolres Rejang Lebong AKBP Puji Prayitno,S.Ik,MH, Dandim 0409 Rejang Lebong Letkol CZI Trisnu Novawan,S.Sos,S.Si,M.Tr (Han),       Kepala Kejari Rejang Lebong, Komandan Kompi Mako BRIMOB Rejang Lebong dengan dihadiri hampir semua Anggota DPRD Rejang Lebong dari berbagai Fraksi dan Perahu Parpol serta juga rekan Insan Pers dari berbagai Media di Rejang Lebong. (Adit MCRL)