MEDIA CENTER REJANG LEBONG: Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Rejang Lebong, saat ini tengah menyiapkan strategi khusus dalam rangka mengejar target vaksinasi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Bahkan berdasarkan rilis dari Dinkes Provinsi Bengkulu, capai vaksin di Kabupaten Rejang Lebong terendah.
“Kita akui capaian vaksin kita rendah, oleh karena itu kita bakal menyiapkan strategi khusus,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Rejang Lebong, Syamsir SKM MKM kepada CE, Kamis (21/10).

Menurut Syamsir, bahwa salah satu strategi yang disiapkan yakni mewajibkan seluruh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Rejang Lebong untuk membuka pelayanan vaksinasi setiap hari termasuk pada hari Libur. Dimana dalam 1 harinya, sasaran vaksinasi 200 orang.
“Selain itu, kemudian bakal ada gebrakan serbuan vaksin yang nantinya juga akan dihadiri Bupati Rejang Lebong,” sampainya.

Selanjutnya kata Syamsir, nanti juga Bupati akan membuat Surat Edaran (SE) berkaitan mewajibkan masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mendata para Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Tenaga Kerja Sukarela (TKS) yang belum melaksanakan vaksin.
“Dari data tersebut, nanti yang belum bisa diarahkan untuk melakukan vaksinasi Covid,” katanya.

Bahkan sebut Syamsir, bahwa baru-baru ini pihaknya kembali mengambil vaksin sebanyak 20 ribu dosis. Dengan harapan, 20 ribu dosis tersebut habis dalam 5 hari.
“Jika ini habis, tentu kita akan kembali minta lakukan penambahan. Dimana ini dilakukan, guna mengejar target capaian vaksinasi. Adapun sampai akhir tahun ini capaian vaksinasi kita bisa tembus 217 ribu masyarakat Rejang Lebong tervaksin,” sampainya.

Dengan demikian, Syamsir juga meminta dan mengimbau kepada kalangan masyarakat untuk segera mendatangi Puskesmas-puskesmas terdekat untuk melaksanakan Vaksinasi. Karena vaksin ini menjadi salah satu upaya Pemerintah dalam memutus mata rantai penularan Covid-19. (Intan)