MEDIA CENTER REJANG LEBONG – Dinas PMD dan BPKP menggelar bimbingan teknis (Bimtek) pengelolaan keuangan desa berbasis aplikasi (Siskeudes) versi 2.0.6. Bimtek yang diikuti 122 Kaur keuangan desa itu diselenggarakan di Hotel Griya Anggita Curup, 9-10 Juli 2024.

‘’Hari pertama, Selasa, (9/7) Bimtek diikuti 60 peserta dari 60 desa di 7 kecamatan. Yakni, Kecamatan Bermani Ulu, Curup Utara, Curup Tengah, PUT, Sindang Beliti Ilir, Sindang Dataran dan Binduriang. Hari kedua, Rabu, (10/7) diikuti 62 peserta dari 7 kecamatan. Terdiri dari Bermani Ulu Raya, Curup Timur, Kota Padang, Sindang Beliti Ulu, Selupu Rejang, Curup Selatan dan Sindang Kelingi,’’ jelas Kadis PMD, Suradi Ripa’I.

Dikatakan, para peserta Bimtek Siskeudes ini dibimbing 2 personel BPKP. Yakni, Toni Febriansyah dan Keken Gustiawan. Serta Tenaga Ahli P3MD, Andi SP.

‘’Melalui aplikasi Siskeudes ini diharapkan seluruh Kaur Keuangan Desa sudah bisa menyusun laporan keuangan melalui aplikasi ini. Sehingga laporan penggunaan APBDes dapat disampaikan secara cepat, tepat, transparan dan akuntabel,’’ ujar Suradi.

Hal senada disampaikan Kabid Kelembagaan Masyarakat, Sosbud dan Pemdes, Nina Sari Sakti, SSTP, MSi selaku ketua panitia pelaksana Bimtek.

‘’Diharapkan para peserta Bimtek bisa mendapatkan manfaat. Seperti memahami dan dapat menggunakan aplikasi Siskeudes dengan baik. Mulai dari penganggaran hingga realisasi APBDes. Memudahkan peserta dalam tertib administrasi keuangan. Menemukan solusi terharap terhadap permasalahan penatausahaan keuangan desa,’’ tutur Nina Sari Sakti. (rahman)

Editor : Rahman Jasin