DISKOMINFO – MEDIA CENTER REJANG LEBONG : Dalam rangka mensukseskan pelayanan KB (Keluarga Berencana) Metode Operasi Pria (MOP) dan Metode Operasi Wanita (MOW) di RSUD Curup Rejang Lebong melalui pelayanan KB dan kesehatan reproduksi bersama mitra kerja Tahun 2021 dalam mewujudkan Rejang Lebong BERCAHAYA (Berkarakter, Cerdas, Sehat, Berbudaya Untuk Sejahtera Maju Bersama).
Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Perlindungan Anak, Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kabupaten Rejang Lebong Zulfan Effendi,S.Sos,MM mengatakan, suatu kebanggaan bagi Rejang Lebong bahwa pelayanan KB dengan cara MOP dan MOW merupakan perdana (pertama kali) dilaksanakan di Daerah setelah dahulunya selalu dilaksanakan di Provinsi Bengkulu tepatnya di Rumah Sakit M Yunus jika mau MOP dan MOW pelayanan KB ini.

“Alhamdulillah capaian maksimal dan target yang di inginkan BKKBN secara Nasional telah berhasil kita capai salah satunya melalui pelayanan KB maksimal melalui MOP dan MOW. Ini jugalah yang mengantarkan kebanggaan Daerah Rejang Lebong bahwa merupakan perdana dan pertama MOP dan MOW ini dilaksanakan diluar Kota yang dalam hal ini Rejang Lebong,” ujar Zulfan didepan publik peserta hadir dari berbagai kalangan, Rabu (24/11).


Terpisah, Bupati Rejang Lebong Drs Syamsul Effendi,MM saat diwawancarai sejumlah Wartawan dan Jurnalis Media Center Rejang Lebong (MCRL) dilapangan mengungkapkan, sebagai Kepala Daerah yang memiliki fungsi pengambil kebijakan, tentu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong sangat mensupport dan mengapresiasi capaian target Nasional yang diperoleh OPD DP3APPKB bersama pihak manajemen RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) Curup.

“Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong sangat mensupport dan mengapresiasi kinerja yang telah ditorehkan selama ini oleh DP3APPKB bersama RSUD dan lintas sektoral atau perangkat OPD lainnya yang telah mensukseskan terselenggaranya MOP dan MOW di Rejang Lebong kita ini,” ungkap Bupati dengan penuh optimis dan semangatnya.

Dari hasil pantauan dan pengamatan Jurnalis MCRL dilapangan, usai dari menutup secara resmi acara urgen yang dipelopori DP3APPKB dengan bekerjasama RSUD ini langsung meninjau dan melihat secara langsung pelayanan KB masyarakat Rejang Lebong dalam melakukan operasi pada peserta KB yang masuk dalam program peserta MOP dan MOW pelayanan KB dipusatkan di RSUD Curup Rejang Lebong dengan tetap menerapkan prokes (protokol kesehatan).

Untuk diketahui, forum acara urgen ini dihadiri langsung Bupati Rejang Lebong Drs Syamsul Effendi,MM, Kabid Pelayanan KB Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Bengkulu Edi Sofyan,SE,MM, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Curup dr Rheyco,SpAn, Kepala DP3APPKB Rejang Lebong Zulfan Effendi,MM, Perwakilan unsur Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) dan sejumlah peserta KB meliputi MOP dan MOW beserta Insan Pers dari berbagai Media di Rejang Lebong. (Adit MCRL).