MEDIA CENTER REJANG LEBONG: Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) menggelar peringatan Hari Ulang Tahun Keluarga Nasional (HARGANAS) yang ke-27 Tahun 2020.

Kegiatan tersebut diadakan di Puskesmas Simpang Nangka, Kecamatan Selupu Rejang, Senin, 29 Juni 2020 siang. Bupati Kabupaten Rejang Lebong DR.H, Ahmad Hijazi, SH,. M.Si dalam pidatonya mengucapkan selamat HARGANAS yang diperingati setiap tahun pada tanggal 29 Juni serta Hari Ulang Tahun Ikatan Bidan Indonesia yang ke-69 Tahun 2020.

Beliau menjelaskan bahwa dalam peringatan HARGANAS ini, merupakan momentum untuk memberikan motivasi kepada masyarakat agar lebih menyadari dan memahami pentingnya keluarga sebagai pondasi membangun kehidupan yang bahagia dan sejahtera.

“Selamat HARGANAS ke-27 Tahun 2020, sekaligus mengucapkan Selamat HUT IBI ke-69 Tahun 2020. Mari kita semua untuk mencintai keluarga, karena keluarga berperan penting dalam membangun budi pekerti, etika, norma agama dikehidupan masyarakat,” ujar Ahmad Hijazi.

Untuk dapat membangun keluarga dibutuhkan peran aktif dari seluruh pidak baik anggota keluarga, masyarakat dan pemerintah. Seluruh elemen masyarakat diharapkan mampu bahu membahu mengambil peran dan tanggung jawab untuk mewujudkan keluarga di seluruh belahan Indonesia khususnya di Kabupaten Rejang Lebong menjadi tentram, bahagia dan sejahtera.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Rejang Lebong, Rosita M.SH, menjelaskan bahwa melihat kondisi saat ini, dimana World Health Organization (WHO) telah menyatakan virus covid-19 sebagai pandemik, Indonesia, melalui keputusan presiden RI Nomor 11 Tahun 2020, tanggal 31 Maret 2020 tentang penetapan kedaruratan kesehatan masyarakat Covid-19.

Kegiatan ini dilakukan sepekan dengan pelayanan KB gratis, diawali dengan rapat koordinasi lintas sektor terkait program KB-Kesehatan pada tanggal 8 Juni 2020, sepekan pelayanan KB Gratis ini dimulai pada hari Senin, tanggal 22 Juni sampai dengan hari Sabtu tanggal 27 Juni di seluruh wilayah puskesmas yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

“Berkenaan dengan masa pandemic covid-19 diharapkan beberapa target sasaran strategis BKKBN dapat tetap terwujudkan dengan segala keterbatasan kondisi dan upaya saat ini, sepekan pelayaan KB secara gratis untuk semua alat konstrasepsi, juga untuk membina keikutsertaan ber-KB dan mencegah terjadinya putus pakai konstrasepsi dimasa darurat pandemik yang berakibat meningkatnya angka kelahiran setelah pandemic,” tutur Rosita.

Dalam peringatan HARGANAS tersebut juga digelar berbagai pelayanan kesehatan, diantaranya : pelayanan KB Gratis, pelayanan baru, pelayanan KB ulangan, pelayanan KB Ganti cara, diadakannya donor darah, penyuluhan kesehatan dan keluarga berkualitas bagi kader KB di Kecamatan Selupu Rejang, kegiatan gerakan minum susu bersama masyarakat atau gerimismas dan pemberian bantuan-bantuan dari dinas instansi Kabupaten Rejang Lebong.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua DPRD Rejang Lebong, Forum Pimpinan Daerah Kabupaten Rejang Lebong, Sekretaris Daerah Kabupaten Rejang Lebong, Tim Penggerak PKK Kabupaten Rejang Lebong, Persit Kartika Candra Kirana Cabang XX Kodim 0409 Rejang Lebong, Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Camat, Kades dan masyarakat se-Kecamatan Selupu Rejang. (Mcrl.Intan)