DISKOMINFO – MEDIA CENTER REJANG LEBONG : Bertempat diruang Rapat Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Rejang Lebong tadi pagi hingga siang hari ini, Jum’at (21/5) digelar Rapat Koordinasi (Rakor) lanjutan Calon Pengadaan Tanah Lokasi Wisata Bukit Basah Desa Pungguk Lalang Kecamatan Curup Selatan dihadiri dan dipimpin langsung Bupati Rejang Lebong Drs Syamsul Effendi,MM, Asisten 1 Pemkab Rejang Lebong, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Camat Curup Selatan, Kepala Desa Pungguk Lalang dan segenap OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dilingkungan Pemkab Rejang Lebong.

Bupati Rejang Lebong Drs Syamsul Effendi,MM mengatakan, sebagai tindak lanjut dari Rapat sebelumnya telah digelar beberapa waktu lalu, maka untuk mematangkan hal ini semua perlu dilakukan Rakor lanjutan yang melibatkan semua OPD terkait dalam rangka membahas persiapan dan kesiapan mengenai calon lokasi pengadaan tanah wisata di Desa Pungguk Lalang Kecamatan Curup Selatan.

“Lahan sudah siap namun mengenai harga tanah nanti ada tim tekhnis yang mengkaji lahan tersebut. Berdasarkan Info yang kami dapatkan bahwa masyarakat Desa Pungguk Lalang siap untuk ganti rugi dan menjual lahan tanah mereka untuk lokasi obyek wisata ini nanti. Namun, sebelum menuju kesana, menurut hemat saya perlu juga dilakukan perbandingan terhadap survey lahan lokasi lainnya terkhusus mengenai harga tanah permeternya dan pembebasan lahan agar nantinya tidak menimbulkan polemik (permasalahan) dikemudian hari,” jelas paparan Bupati didepan forum hadirin peserta Rakor lanjutan tadi pagi, Jum’at (21/5).

Ditambahkan Bupati, dalam draf Berita Acara (BA) pembebasan lahan ini nantinya yang sangat mendesak penting harus mutlak disiapkan yakni dokumen dan hal penting lainnya termasuk daftar hadir.

“Namun tak kalah penting dari semuanya ini, orang yang punya lahan harus tau saat dilakukan berita acara pembebasan lahan dan ganti rugi ini, agar nantinya dapat mempertemukan solusi terbaik dan masyarakat bisa mengerti bahwa tidak ada ganti rugi khusus untuk tanam tumbuh,” ujar Bupati kembali.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Rejang Lebong Yusran Fauzi,ST mengungkapkan, rapat pengadaan tanah dibukit basah ini menurutnya, sudah dua kali digelar termasuk rapat digelar hari ini.
“Rapat pertama hasilnya sudah ditindaklanjuti Dinas Pariwisata namun masih harus dilengkapi kelengkapan data dan dokumen urgen lainnya.

Mengenai data masih banyak yang perlu dilengkapi. Insya Allah kedepannya semua berjalan dengan baik, lancar dan sesuai harapan kita bersama agar bisa terealisasi menuju Desa Agrowisata untuk di Bukit Basah Desa Pungguk Lalang ini,” tutupnya. (Adit MCRL)