Median Center Rejang Lebong : Hadiri dan Launching Pengoperasian Mobile Laboratory Biosafety Level-2 dan Launching Gerakan Sejuta Masker Serta Peresmian RSUD Curup di Rumah Dinas Bupati Rejang Lebong Kamis (06/08/2020) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian meminta Kepala Daerah untuk terus mensosialisasikan pentingnya pemakaian masker saat melakukan kegiatan di luar rumah, sehingga dapat terproteksi dari penularan  Covid-19.

Hal tersebut disampaikan karena menyadari masih minimnya pemahaman masyarakat akan manfaat menggunakan masker di masa pandemi, sehingga sosialisasi dan pembagian masker harus digalakkan baik oleh Pemerintah maupun swasta, agar masyarakat mau memproteksi diri dari penularan Covid-19 dengan menggunakan masker.

“Untuk menggalakkan, dan mensosialisasikan penggunaan masker ini, maka yang perlu kita lakukan adalah langkah-langkah soft dulu, membagikan, dan sebelumnya saya mengajak agar yang membagi bukan hanya dari pemerintah, tapi juga dimobilisasi gotong royong, PT, pabrik-pabrik, restoran, pengusaha yang punya uang, silakan bagi masker kain dengan brandnya masing-masing. Jadi pemerintah hanya sebagai stimulus, motor, dinamisator, dan setelah itu tahap keduanya sosialisasi tentang tata cara pakai masker yang benar, karena memang banyak juga yang tidak paham cara pakai masker yang benar,” paparnya.

Setelah cara soft digunakan, Lanjut Tito, kepala daerah dapat membuat regulasi guna memberikan payung hukum untuk memberikan sanksi terhadap pelanggaran protokol kesehatan dan penggunaan masker, sehingga diharapkan memberikan efek jera bagi pelanggar.

“Presiden sudah mengeluarkan Inpres Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus disease (Covid)2019 agar ada efek jera, karena masyarakat ini kalau tidak ada efek membuat jera biasanya juga tidak diikuti” Ucapnya. (Mc.Sdq)