DISKOMINFO-MEDIA CENTER REJANG LEBONG: Diawal tahun 2021, Masyarakat Desa Lubuk Ubar Kecamatan Curup Selatan telah dapat menikmati akses menuju perkebunan yang melintasi sungai Musi, dimana sejak dibangun menggunakan anggaran 2019 – 2020 lalu, oleh Kementerian PUPR Republik Indonesia, saat ini Jembatan Gantung sepanjang 84 meter telah rampung dan dapat dinikmati oleh masyarakat sekitar menuju lahan perkebunan.

Hal tersebut ditandai dengan penyerahan Jembatan Gantung oleh Kementerian PUPR kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong (RL) sebagai aset kabupaten Rejang Lebong, Senin (15/02/21).

Dalam penyerahan jembatan Gantung tersebut, langsung dihadiri Kepala Balai BPJM Bengkulu Kementerian PUPR, M. Diantoro M, Bupati Rejang Lebong, DR. H. A. Hijazi, SH, M.Si serta turut juga dihadiri oleh Kadis PUPR – PKP RL, Yusran Fauzi, ST, Kepala BPKD RL, Wuwun Mirza, Kepala Bappeda RL,. Dr. H. Asli Samin.

Kepala Balai BPJM Bengkulu Kementerian PUPR, M. Diantoro M mengungkapkan pembangunan Jembatan Gantung tersebut telah dilaksanakan di tahun 2019 lalu dan tuntas dikerjakan ditahun 2020 lantaran adanya kendala administrasi.

” Dari pembangunan Jembatan Gantung sepanjang 84 meter ini, menggunakan anggaran lebih kurang Rp. 4 Miliar yang telah  tuntas dikerjakan ditahun 2020. Di pertengahan bulan Februari tahun 2021 ini, kita serahkan kepada Pemkab RL untuk memberikan azaz manfaat bagi warga,” jelasnya.

Ia menambahkan, diharapkan dari pembangunan Jembatan Gantung dapat dijaga oleh masyarakat sekitar sehingga dapat terus bermanfaat untuk kelancaran mobilitas angkutan hasil bumi masyarakat.

“ dari pesan pak menteri kepada warga Desa Lubuk Ubar yakni mengacu kepada UU No 02 Tahun 2010, dimana Jembatan Gantung ini hanya diperuntukan untuk pejalan kaki, kendaraan roda dua serta roda tiga namun dengan catatan jika dalam kondisi mendesak,” tambahnya.

Disisi lain, Bupati Rejang Lebong, DR. H. A. Hijazi, SH, M.Si mengungkapkan, dirinya mewakili seluruh masyarakat  Kabupaten Rejang Lebong mengucapkan ribuan terima kasih kepada Kementerian PUPR  yang telah menghibahkan 1 unit Jembatan Gantung Desa Lubuk Ubar Kecamatan Curup Selatan Kabupaten Rejang Lebong.

“Saya berterima kasih kepada Kementerian PUPR yang telah menyerahkan 1 unit Jembatan Gantung yang kokoh serta indah di Desa Lubuk Ubar dan ini sangat bermanfaat bagi warga sehingga memberikan dan membuka akses tersendiri untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” tutupnya.(Mcrl.Intan)