DISKOMINFO-MEDIA CENTER REJANG LEBONG: Dalam memudahkan masyarakat untuk konsultasi hukum ditengah pandemi Covid-19, Kejaksaan Negeri (Kejari) Rejang Lebong resmi Launching aplikasi Ruang Konsultasi Hukum (RUKUM) dan Website Kejaksaan Negeri Rejang Lebong, Senin (22/02/21) siang.

Kepala Kejaksaan Negeri Rejang Lebong Yadi Rachmad Sunaryadi,. SH.MH mengungkapkan RUKUM merupakan Ruang Konsultasi Hukum yang merupakan salah satu upaya dari pelayanan hukum Kejaksaan Negeri Rejang Lebong Kepada masyarakat luas khususnya masyarakat kabupaten Rejang Lebong dalam mengatasi permasalah hukum yang sedang dihadapi baik itu Pidana, Perdata maupun Tata Usaha Negara.

” Dengan aplikasi RUKUM ini, masyarakat tidak perlu datang untuk berkonsultasi namun cukup melalui handphone Android,  masyarakat sudah dapat berkonsultasi terkait permasalahan hukum yang sedang dihadapi, selain itu dengan aplikasi ini masyarakat lebih mudah mendapatkan informasi terkait permasalahan hukum. Maka dari itu sampaikan permasalahan hukum kapanpun dan dimanapun,” jelas Kajari RL usai launching diruang Aula Kejari RL Launching.

Ia menambahkan, dengan aplikasi RUKUM ini, Masyarakat yang ingin konsultasi hukum cukup dengan membuka website Kejari RL yakni rukum.kejari-rejanglebong.go.id dengan mengisi biodata serta mengajukan pertanyaan terkait masalah hukum yang sedang dihadapi.

Insyaallah setelah mengisi biodata dan pertanyaan, maka Jaksa kami akan menjawab serta memberikan solusi terkait permasalahan yang sedang dihadapi. Kita harapkankan selain untuk memudahkan masyarakat untuk konsultasi hukum, dengan aplikasi ini juga diharapkan dapat memutuskan mata penyebaran Covid-19 serta masyarakat taat dan mengerti hukum, sehingga dapat mengantisipasi tindak kriminalitas di kabupaten RL ini,” tambahnya.

Sementara itu, PLH Bupati Rejang Lebong Lebong, R.A. Denni, SH, MM mengapresiasi atas launchingnya aplikasi RUKUM yang dinilai sangat bermanfaat dan sangat dibutuhkan terlebih di masa pandemi saat ini.

” Aplikasi RUKUM ini sangat bermanfaat dan membantu masyarakat yang sedang dihadapi permasalahan hukum. Kita Pemerintah Daerah akan mendukung penuh dengan mensosialisasikan aplikasi RUKUM ini kepada masyarakat kabupaten Rejang Lebong,” tutupnya. (Mcrl.Intan)