MEDIA CENTER REJANG LEBONG – Bertempat di Ruang Rapat Bupati Rabu (15/6/2022) dilaksanakan Verifikasi Lapangan Hybrid (VLH) evaluasi Kabupaten Layak Anak (KLA) Kabupaten Rejang Lebong tahun 2022.

Acara ini dibuka oleh Asisten II DR. Asli Samin,S.Kep,M.Kep yang mewakili Bupati Rejang Lebong dengan dihadiri semua unsur delegasi-delegasi OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dilingkungan Pemkab Rejang Lebong.

“Bidang kesehatan ibu hamil dan melahirkan difasilitasi layanan kesehatan serta mencegah stunting bagi anak-anak dengan makanan tambahan bagi balita di posyandu, lalu di sektor administrasi di Dinas Dukcapil tolong permudah masyarakat Rejang Lebong kita dalam memperoleh akte kelahiran, sektor pendidikan mengitrusikan semua Desa dan Kelurahan adanya optimalisasi fungsi pelayanan pada Anak Usia Dini (PAUD) untuk menciptakan Rejang Lebong Kabupaten Layak Anak (KLA) ini sehingga bisa memberi ruang dan waktu bagi anak-anak berkreasi dan kreativitas saling kerja sama,” demikian disampaikan Asisten II pada pembukaan acara Verifikasi Lapangan Hybrid (VLH) evaluasi terhadap Kabupaten Layak Anak (KLA) Kabupaten Rejang Lebong tahun 2022, Rabu (15/6).

Sementara itu, Staf Alih Bupati Rosita,SH menuturkan, evaluasi gambaran umum kondisi Kabupaten Rejang Lebong memiliki luas wilayah 151.576 hektar dan populasi sekitar 246.787 jiwa dengan tersebar di 15 Kecamatan, 122 Desa dan 34 Kelurahan, lalu 21 Puskesmas dan 3 Rumah Sakit guna mendukung upaya Kabupaten Layak Anak (KLA) komitmen agar anak-anak terlindungi.

“Klaster pertama hak sipil dan kebebasan, jadi dalam hal ini anak-anak sudah dibentuk melalui Forum Anak Rejang Lebong (FAREL), lalu klaster kedua yakni melindungi anak-anak korban perceraian orang tua dengan harus adanya pojok konseling dan terakhir klaster ketiga dibidang pelayanan kesehatan,” ujar Rosita dengan penuh optimis.

Dari data referensi yang berhasil dihimpun Jurnalis MCRL dilapangan, kegiatan ini dihadiri dan dibuka secara langsung oleh Asisten II DR.Asli Samin,S.Kep,M.Kep, Staf Ahli Bupati Rosita,SH, Kadis Dukcapil, Kadis DP3APPKB, Sekretaris Dinas Kominfo, Sekretaris Dinas Sosial, Sekretaris Dinaa Dikbud, Kabid Kesmas Dinkes dan sejumlah staf di OPD terkait. (Reporter Susilawati, Editor Aditya MCRL)