MEDIA CENTER REJANG LEBONG – Dinas Kominfo (Diskominfo) Rejang Lebong segera mengaudit system pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) di beberapa OPD terkait.

‘’Saat ini kita melakukan rapat koordinasi persiapan penilaian SPBE di masing-masing OPD tahun 2024. Diharapkan skore penilaian SPBE 2024 nanti bisa meningkat. Sebab, tahun 2023 kita mendapat nilai 3,23 dari nilai sempurna 5,’’ ungkap Kadiskominfo, Rhepi Meido Satria, SKM didampingi Sekdis Kominfo Mei Susanti Harahap, SH, MM usai rapat, pukul 10.30 WIB, Senin, (8/7).

Dikatakan, rapat koordinasi ini diikuti perwakilan Bappeda, BPKD, DPMPTSP, Bagian Hukum Setda, Bagian Organisasi Setda dan BKPSDM. Serta Kabid Postel Diskominfo, Tatang Suhermanto dan Kabid Statistik dan Persandian Diskominfo, Dedi Maryanto, SE, MM.

Dalam rapat itu, seluruh OPD terkait pengguna aplikasi SPBE dapat menyiapkan data dukung yang diperlukan dapat pelaksanaan audit intern. Maupun penilaian dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Termasuk, pengguna aplikasi SI IBEN (DPMPTSP) dan SIALEP di Bidang Organisasi Setda.

‘’Untuk itu kita akan menggelar rapat persiapan audit lanjutan dengan seluruh OPD terkait. Sehingga, pelaksaan audit internal terharap aplikasi SI IBEN dan Si ALEP maupun penilaian yang dilakukan BRIN dapat berjalan lancar,’’ sambung Mei Susant Harahap.

Namun, lanjut Mei Susanti, rapat koordinasi persiapan lanjutan mau pelaksanaan audit intern pengguna aplikasi masih belum dijadwal. Termasuk pelaksanaan penilaian SPBE yang akan dilakukan BRIN.

‘’Kita belum tahu apakah audit intern aplikasi ini akan dilakukan secara daring atau secara langsung. Termasuk penilaian SPBE yang akan dilakukan BRIN di Bulan Agustus 2024 itu dalam daring atau tidak. Kita upayakan, rapat koordinasi lanjutan dengan OPD terkait itu akan kita laksanakan sebelum Bulan Agustus tentunya,’’ demikian Mei Susanti mengakhiri. (Rahman)

Editor : Rahman Jasin