Rejang Lebong – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Rejang Lebong mengadakan pleno calon sekolah penggerak angkatan kedua. Pleno ini dilaksanakan berdasarkan hasil nominasi dan perengkingan kepala sekolah yang lulus dalam tahap satu dan tahap kedua. Pleno dipimpin oleh tiga instansi terkait, Disdikbud kabupaten Rejang Lebong, LPMP Provinsi Bengkulu dan BP PAUD DIKMAS. Acara diselenggarakan selama dua hari, mulai tanggal 22 – 23 Desember 2021 di Aula Disdikbud Kabupaten Rejang Lebong.

Pada kegiatan tersebut dilakukan penetapan kriteria penilaian daerah, yang pertama adalah komitmen calon kepala sekolah penggerak terhadap visi dan misi pemerintah daerah saat ini. yang kedua aksesibilitas pada penerimaan seluruh stakeholder yang terkait dengan sekolah penggerak. Kemudian dilakukan penandatanganan berita acara hasil calon sekolah penggerak angkatan kedua oleh perwakilan Disdikbud Rejang Lebong Reza Pakhlepi, LPMP Provinsi Bengkulu dan BP PAUD DIKMAS beserta calon kepala sekolah penggerak.

Hasil pleno berupa daftar perengkingan yang diunggah pada aplikasi sekolah penggerak SIMPKB. Nantinya SIMPKB akan mengeluarkan penetapan kepala sekolah penggerak ke dalam berita acara. Disampaikan oleh kepala dinas Disdikbud melalui Erwan Zuganda kabid pembinaan dan ketenagaan.

Kelebihan sekolah penggerak ini akan mendapatkan bantuan khusus berupa BOS Kinerja dan pelatihan-pelatihan khusus dari pusat langsung. Untuk pengumuman akan dilaksanakan pada bulan Januari menunggu keputusan pusat terkait penetapan SK dari Kemendikbud Ristek Dikti RI. (richiwp kominfo)