MEDIA CENTER REJANG LEBONG : Selasa, (16/6) siang, Bupati Rejang Lebong, H. Ahmad Hijazi, SH. M.SI, mengoptimalkan persiapan seluruh ruangan pemeriksaan swab di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Curup.

Menyusul akan dioperasionalkannya alat pendeteksi virus Corona Polymerase Chain Reaction (PCR).

Bupati meninjau langsung tahapan-tahapan ruangan yang ada di laboratorium tersebut, mulai dari ruang istirahat para dokter, ruangan pengumpulan sampel swab, kamar oprasi untuk pasien COVID-19 dan ruangan isolasi bertekanan negatif.

“Alhamdulillah seluruh peralatan, SDM (Sumber Daya Manusia) dan ruangan lainnya sudah siap,” ujar Bupati Hijazi kepada wartawan.

Bupati menuturkan, laboratorium pemeriksaan swab COVID-19 di RSUD Curup sudah mendapatkan izin dari kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk melakukan uji swab COVID-19.

“Untuk Izin oprasional laboratorium sudah keluar. Kita sudah diperbolehkan untuk melakukan pemeriksaan swab,” tegas Hijazi.

Tetapi untuk melakukan pemeriksaan swab dibutuhkan alat konfersi berupa cartridge untuk digunakan pada mesin pendeteksi COVID 19.

“Sekarang ini kita tinggal menunggu alat konfersi berupa cartridge dari Kementrian Kesehatan. Kalau alatnya sudah sampai ke kita, laboratorium pemeriksa swab di RSUD Curup ini akan langsung kita oprasionalkan,” tutupnya. (ANDI)