MEDIA CENTER REJANG LEBONG : Penertiban dan pelebaran badan jalan yang selama ini menjadi lahan berdagang Pedagang Kaki Lima ( K5 ) dilokasi Pasar Atas, Kecamatan Curup yang terkesan kumuh dan bau, kembali dilakukan oleh Pemkab RL dibawah kepemimpinan Bupati RL, Drs. Syamsul Effendi, MM melalui Dinas Koprasi dan Perdagangan Perdagangan, Koperasi UKM dan Perindustrian, Satgas Pasar beserta Satpol – PP RL.

Dimana, Jumat ( 26 / 11 ), pukul 08.00 Wib, ratusan ASN dari berbagai OPD ( Organisasi Perangkat Daerah ) tumpah ruah dilokasi pasar atas dalam agenda Jum’at bersih disekitar lokasi Pasar atas, Kecamatan Curup.

Dalam sambutannya, Bupati RL, Drs. Syamsul Effendi, MM, Jum’ at ( 26 / 11 ), pukul 10.00 Wib mengatakan jika penertiban dan relokasi pedagang K5 yang dilakukan bukanlah bentuk pengusiran atau hal lainnya. Namun, relokasi tersebut bertujuan agar terciptanya kenyamanan dan kebersihan disekitar lokasi pasar.

“Relokasi ini bukanlah pengusiran, namun bentuk perhatian pemerintah kepada para pedagang untuk meningkatkan pengunjung atau pembeli,” tegasnya.

Kemudian, sambungnya, saat ini juga Pemkab RL tengah berupaya melakukan sejumlah pembenahan secara bertahap lokasi pasar atas seperti melakukan tambal sulam badan jalan yang berlubang, menguras siring dan melakukan penertiban parkir.

“Saya tidak mau lagi terdengar adanya oknum pasar yang bermain, bahkan jika ada saya harapkan pedagang dan warga untuk dapat melapor langsung kepada saya. Kemudian, tugas dan PR kita bersama kedepan yakni mengoptimalkan lokasi pasar atas yang layak untuk menjadi lokasi pasar tradisional dan modern yang jauh dari kesan kumuh dan bau,” tegasnya.

Ditempat yang sama, Kadis Perdagangan, Koperasi UKM dan Perindustrian, Upik Zumratul Aini, M.Si mengatakan jika pihaknya mengucapkan ribuan terima kasih kepada seluruh jajaran dinas terkait di Kabupaten RL serta TNI dan Polri sehingga relokasi pasar atas berjalan lancar.

“Alhamdulilah, kesadaran pedagang di Kabupaten RL sudah muncul. Dimana, saat relokasi beberapa waktu lalu, banyak pedagang yang turut membantu bahkan membersihkan lapak dagangnya sendiri. Itu artinya, jika kedepan adanya pembangunan maka akan sangat didukung oleh pedagang K5 di RL,” tegasnya. (Didi).