Wah! Dua Obat Suplemen Ini Ternyata Mengandung Lemak Babi

Asli Samin

MEDIA CENTER, REJANG LEBONG:
Obat-obatan mengadung lemak Babi kembali menjadi sorotan setelah Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) menyatakan salah satu produk obat suplemen makanan terindikasi positif mengandung lemak Babi. BPOM telah meminta agar jenis produk tersebut ditarik dari peredaran dan dihentikan produksinya.

Menanggapi surat edaran dari BPOM, Kepala Dinas Kesehatan Rejang Lebong H. Asli Samin menyampaikan, dari hasil temuan BPOM di lapangan, ada 2 jenis produk obat suplemen makanan yang positif mengandung DNA babi.

“Ada 2 jenis produk yang mengandung DNA babi yaitu Viostin DS dan Enzyplek,” ujar Asli Samin saat di temui Tim MCRL di ruang pola Pemkab Rejang Lebong, selasa (6/2) siang.

Namun, Asli Samin menambahkan, tidak semua produk suplemen Viostin DS dan Enzyplek mengandung DNA Babi. Berdasarkan surat edaran dari BPOM, hanya produk suplemen Viostin DS dengan nomor izin edar (NIE) POM SD. 051532771 nomor bets BN C6K994H dan Enzyplex tablet dengan NIE DBL7214704016A1 nomor bets 1618510 yang mengandung DNA Babi.

Sebagai langkah mengantisipasi terhadap produk obat suplemen yang mengandung DNA babi, Dinas Kesehatan telah menurunkan tim, guna melaksanakan pengecekan untuk ke 2 produk tersebut.

“Kita sudah turun tim kelapangan, sudah kita cek di apotik, tetapi belum menemukan Viostin DS dan Enzyplex dengan no seri yang dimaksud, jika nantinya ditemukan tentu akan kita tarik dari predaran,” ucapnya.

Asli Samin menghimbau kepada pemilik apotik dan masyarakat Kabupaten Rejang Lebong, jika nantinya menemukan produk Viostin DS dan Azyplek dengan no seri yang dimaksud untuk dapat melaporkannya ke Dinas Kesehatan. (Ic/ANDI)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *