Upacara Peringatan Hardiknas 2013 di Kabupaten Rejang Lebong

Hari ini tanggal 2 mei 2013, Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong melaksanakan upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Lapangan Pemda Kabupaten Rejang Lebong. Upacara tersebut langsung dipimpin oleh Bupati Rejang Lebong Bpk. H. Suherman, SE. MM diikuti segenap peserta upacara.

Bupati Rejang Lebong, membacakan  sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, dalam amanatnya menyampaikan ucapan  ” Selamat Hari Pendidikan Nasional Tanggal 2 Mei 2013″, semoga segala ikhtiar untuk memajukan dunia pendidikan menjadi semakin berkualitas dan akses pendidikan bagi rakyat Indonesia secara keseluruhan makin terbuka dan dapat terwujud. Pada kesempatan ini  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyampaikan permohonan maaf atas persoalan penyelenggaraan Unas 2012/2013, dimana hal ini dapat dijadikan pelajaran yang berharga dalam memberikan pelayanan pendidikan kepada masyarakat.

Selanjutnya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI menyebutkan dalam perspektif sosial ada 3 penyakit sosial yang sangat besar dampaknya yaitu :

  1.  Kemiskinan
  2.  Ketidak tahuan
  3.  Keterbelakangan peradaban

Untuk menghindari ketiga macam penyakit sosial tersebut jawabannya adalah pendidikan. Pendidikan  juga dapat meningkatkan status sosial.

Tema  Hardiknas Tahun 2013 adalah ” Meningkatkan Kualitas dan Akses Pendidikan” Tema ini merupakan cerminan jawaban terhadap tantangan, persoalan dan harapan seluruh masyarakat dalam menyiapkan generasi yang lebih baik. Dalam upaya peningkatan kualitas  pendidikan, mulai tahun 2013/2014 akan diterapkan kurikulum 2013 untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah secara bertahap dan terbatas. Kurikulum 2013 dirancang untuk menghasilkan lulusan  yang memiliki kompetensi pengetahuan, keterampilan dan sikap secara utuh, untuk antisipasi kebutuhan kompetensi abad 21 dan menyiapkan generasi emas 2045. Sedangkan akses pendidikan dipengaruhi oleh ketersediaan satuan pendidikan dan keterjangkauan dari sisi pembiayaan.

Selesai upacara dilajutkan dengan pemberian penghargaan  terhadap Hasil Kegiatan Apresiasi PTK-PAUDNI tingkat nasioanal di Jakarta.

Selamat Hari Pendidikan Nasional 2013; Selamat untuk mereka yang berprestasi.

 

Komentar Facebooker

komentar FB


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>