Asisten I Setdakab Rejang Lebong, Pranoto Majid, SH, M.Si

MEDIA CENTER REJANG LEBONG: Tingginya kesadaran hukum di suatu wilayah akan memunculkan masyarakat yang beradab. Karena itu, kesadaran hukum perlu dibangun sejak dini agar masyarakat bisa bijak dalam menanggapi berbagai informasi yang diterima, terutama persoalan hukum. Hal ini disampaikan Asisten I Setkab Rejang Lebong Pranoto Majid, SH, M.Si saat membuka secara resmi kegiatan Penyuluhan Hukum yang dilaksanakan di Gedung Pola Pemkab Rejang Lebong, Selasa, (8/10).

Pranoto mengatakan, kesadaran hukum  tidak hanya sebatas mengerti persoalan hukum dan sanksinya saja. Melainkan agar masyarakat bisa sadar dan menghindari untuk tidak melakukan pelanggaran hukum sekecil apapun.

 ÔÇ£Penguatan hukum masyarakat untuk membangun kesadaran dini pada masyarakat harus terus ditingkatkan. Dan masyarakat juga harus tegas dalam memilah serta memilih informasi yang diterima,ÔÇØ kata Pranoto.

Sementara itu, Kepala bagian Administrasi Hukum Setkab Rejang Lebong Indra Hadiwinata menyampaikan, kegiatan penyuluhan ini bertujuan untuk mewujudkan masyarakat yang mengerti dan memahami hukum serta peraturan perundang-undangan. Nantinya desa kelurahan yang masuk dalam kriteria desa sadar hukum akan direkomendasikan dalam penilaian penghargaan oleh Kementrian Hukum dan HAM.

ÔÇ£Salah tujuan kegiatan ini tidak lain agar semakin banyak desa/kelurahan yang sadar hukum dan saat ini sudah ada 10 desa/kelurahan yang ditetapkan sebagai wilayah sadar hukum yang dinilai sudah memenuhi kriteria. Dan ini yang akan diverifikasi dan diajukan untuk masuk dalam penilaian dan Kementerian Hukum dan HAM,ÔÇØ terang Indra.(MC/ical)

1 total views, 1 views today