Safari Ramadhan: Bupati Ajak Lestarikan Hutan

MEDIA CENTER REJANG LEBONG: Sabtu (9/6) malam, Bupati Rejang Lebong DR. H. Ahmad Hijazi, SH.M.Si dalam rangka safari Ramadhan ke desa Tanjung Gelang mengimbau kepada masyarakat, untuk tidak menebang pohon secara liar di kawasan hutan.

Bupati menuturkan, dengan memberikan imbauan kepada seluruh masyarakat Desa Tanjung Gelang, diharapkan agar masyarakat dapat bersama-sama menjaga dan melestarikan hutan dengan tidak melakukan penebangan pohon di kawasan hutan.

“Mari bersama-sama kita jaga hutan, dengan tidak melakukan penebangan pohon di kawasan hutan, agar kelestarian hutan dan lingkungan tetap terjaga,” harapnya.

Menurutnya dampak dari hutan yang gundul, tidak hanya dirasakan oleh masyarakat di dekat hutan gundul tersebut, namun dampak buruk dari hutan gundul akan dirasakan oleh seluruh masyarakat dan anak-anak dimasa mendatang.

Diantaranya daerah tersebut akan menjadi lebih panas, dikarenakan tanaman yang dijadikan sebagai peneduh semakin berkurang jumlahnya. dan jika musim hujan maka akan menjadi rawan longsor.

“Untuk hutan yang gundul, air hujan bisa langsung jatuh ke atas tanah tanpa terhalang oleh pohon terlebih dahulu. Air tersebut juga tidak terserap oleh akar pohon,” tuturnya

Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa tanah yang terkena hujan terus menerus, kontur dan struktur tanahnya bisa rusak sehingga kemudian menyebabkan tanah longsor

“Jadi tolong kepada Kades beserta perangkatnya, diawasi, jangan sampai ada lagi yang menebang pohon di kawasan hutan, cukup sebatas ini,” pungkasnya. (SHODIQ)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *