Postur RAPBD Kabupaten Rejang Lebong Tahun 2013

Bupati Rejang Lebong Suherman, SE, MM pada hari ini, Selasa, 11/12/2012, menyerahkan dokumen RAPBD tahun 2013 kepada  DPRD Rejang Lebong untuk dibahas. Acara tersebut berlangsung di gedung DPRD Rejang Lebong yang dihadiri sekitar 20 anggota DPRD, anggota Tim Forum Kordinasi Pejabat Daerah, para pejabat di lingkungan pemdakab RL dan para undangan.

Dalam sambutannya Bupati RL mengatakan bahwa RAPBD ini telah disusun dengan mengacu pada Peraturan Mendagri No 13/2006 tentang  Pengelolaan Keuangan Daerah yang telah diubah terakhir dengan Peraturan Mendagri No  21/2011 serta Peraturan Mendagri No 37 tahun 2012 tentang Pedoman Penyusunan APBD tahun 2013. Juga dilandasi dengan beberapa asumsi makro, laju inflasi dan PDB bruto dan diselaraskan dengan pertumbuhan ekonomi daerah yang berkelanjutan. Menurut beliau, RAPBD tahun 2013 ini merupakan hasil sinkronisasi kebijakan pembangunan daerah yang tercermin dari program dan kegiatan yang disesuaikan dengan dinamika dan kebutuhan dan karakteristik daerah.

Sebagai gambaran, postur RAPBD kabupaten Rejang Lebong untuk tahun 2013 adalah sebagai berikut :

Postur RAPBD Kabupaten Rejang Lebong Tahun 2013

Selanjutnya bupati mengharapkan agar dokumen RAPBD yang diserahkan  ini dapat segera dibahas dan diverifikasi anggota Dewan melalui komisi-komisi, untuk lebih disempurnakan lagi, karena bagaimanapun masih terdapat kekurangan dan kelemahan dalam penyusunannya.

APBD Naik 11%

Jika dibandingkan dengan APBD Rejang Lebong tahun 2012 yang sebesar  Rp 585.452.288.622., maka jiRAPBD 2013 ini ada kenaikan sekitar 67 milyar atau 11%.  Jika kita melihat komposisi RAPBD 2013, maka biaya tidak langsung nilainya sekitar 62%, sedangkan biaya tidak langsung sekitar 38%. Biaya tidak langsung digunakan biaya aparatur seperti untuk pembiayaan gaji, biaya rutin kantor, biaya bansos, dan biaya aparatur lainnya.  Sementara biaya langsung adalah biaya untuk keperluan publik.

Komentar Facebooker

komentar FB


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>