Memvisualisasikan Peta Politik Rejang Lebong dengan GIS

Guna memudahkan penyajian data yang kompleks yang terkait dengan wilayah geografis, sudah lama dikenalkan GIS (Geographical Information System) atau diindonesiakan menjadi SIG (Sistem Informasi Geografis). Data yang ada divisualisasikan dalam peta dengan gradasi sesuai besar kecilnya angka. Dengan GIS ini, maka dapat dibuat beberapa peta tematik sesuai dengan kebutuhan, misalnya peta siaga bencana, peta kerawanan gizi, peta kemiskinan dan lain-lain. Beberapa software seperti ArcGIS sangat membantu pembuatan peta tematik ini. Salah satu yang akan ditampilkan di tulisan ini adalah  Peta Politik saat Pilkada Bupati Rejang Lebong, yang disajikan dalam peta tematik dengan berbasis GIS. Bagi pejabat, visualisasi ini tentunya memudahkan untuk membaca data yang awalnya kompleks jadi mudah untuk memberikan arahan dan kebijakan.

Peta tematik hasil pilkada  Rejang Lebong

Meski pilkada kabupaten Rejang Lebong sudah berlalu, tidak ada salahnya untuk melihat kembali bagaimana mapping perolehan 4 kandidat bupati. Meski petanya statis (berbeda jika menggunakan program Statplanet yang interaktif dan berbasis flash, nanti menyusul), namun cukuplah untuk melihat distribusi suara keunggulan kandidat bupati per desa di kabupaten Rejang Lebong. Data diambil langsung dari KPUD Rejang Lebong dan website KPU Bengkulu. Basis peta didownload dari situs Bakosurtanal melalui situs  iniGIS dalam format *.shp dan kemudian diolah dengan ArcGIS dan dipercantik dengan Adobe Ilustrator.

Hasilnya adalah 2 peta berikut ini, di mana peta yang pertama tentang distribusi suara 4 kandidat, dengan hasil kandidat no 1 (Hijazi/John Ferianto) berwarna kuning dengan kemenangan di 54 desa, kandidat no 2 (Suherman/Slamet) berwarna hijau dengan kemenangan 98 desa, kandidat no 3 (Lukman/Suharudin) berwarna merah muda dengan kemenangan 4 desa, dan kandidat no 4 (Darusamin/Mahdi Husein) 0 desa.

Peta tematik yang kedua adalah distribusi suara bupati terpilih (Suherman/Slamet) di 156 desa dengan gradasi warna didasarkan interval angka perolehan di desa. Warna hijau tua adalah perolehan suara di atas 59% (menang) sebanyak 36 desa, hijau muda antara 42 – 58,9% (menang) sebanyak 55 desa, hijau kekuningan antara 25 –  41,9% (menang) sebanyak 7 desa, warna kuning antara 25 – 41,9% (kalah) sebanyak 29 desa, merah muda antara 15 – 24,9% (kalah) sebanyak 17 desa dan merah tua dibawah 15% (kalah) sebanyak 12 desa.

 

Silakan Anda analisa sendiri dengan melihat kedua peta tematik tersebut, yang jelas jadi mudah untuk dipahami dan bisa sekali pandang untuk dimengerti suara siapa yang unggul di 156 desa di kabupaten Rejang Lebong.

Mendatang, akan kita buat peta tematik hasil pemilu DPRD Rejang Lebong dan peta tematik hasil pilkada Gubernur Bengkulu.

/a

Komentar Facebooker

komentar FB


Comments

Memvisualisasikan Peta Politik Rejang Lebong dengan GIS — & Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>