Mendagri akan Revisi Undang-Undang Otonomi Daerah

Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengatakan akan segera merevisi Undang-Undang No.32/2004 tentang Pemerintahan Daerah yang di dalamnya mengatur kepala daerah tidak mengurus partai. “Di pusat kami sudah memikirkan hal tersebut, di mana kepala daerah tidak menjadi ketua sebuah partai. Hal itu dilakukan agar kepala daerah lebih fokus mengelola daerahnya,” kata Mendagri dalam sambutan saat membuka Rapat Kerja Nasional VII Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia di Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Jumat. Ia menilai, sebuah partai memang wajib berbangga hati telah mengantarkan calonnya menjadi kepala daerah. “Tetapi setelah itu harus pandai-pandailah sang kepala daerah terpilih itu mengatur waktu antara kewenangan partai dengan kewenangan pemerintahan, tidak boleh dicampur adukan,” kata Mendagri.

Menurut Mendagri, seorang dari partai tertentu begitu dilantik merupakan milik seluruh rakyatnya. “Dalam hal itu partai harus ikhlas menyerahkan kadernya itu untuk mengelola kepentingan daerah,” kata Mendagri. Tidak hanya partai tempat kepala daerah itu bernaung, kata Mendagri, tim sukses pun juga harus ikhlas menyerahkan orang yang diusungnya mengelola kepentingan daerah. “Masyarakat pun juga harus mengetahui bahwa bupatinya harus ada waktu untuk mengurus partainya karena dia ketua dari partai itu,” kata Mantan Gubernur Sumatera Barat.

Saat ini Kemendagri sedang menggodok revisi UU tersebut, apakah masih perlu seorang kepala daerah memimpin sebuah partai. Pengajuan revisi UU No.32/2004 sudah dilakukan Kemendagri termasuk tiga undang-undang lain yakni tentang pemerintahan daerah, UU pemilihan kepala daerah dan UU desa. “Kami juga sudah berjanji dengan DPR draft revisi sudah masuk pada Juni nanti,” katanya.

Komentar Facebooker

komentar FB


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>