Lestarikan Budaya Tradisional, Formi Gelar Lomba Pacu Rakit Bambu

MEDIA CENTER REJANG LEBONG: Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Kabupaten Rejang Lebong menggelar lomba pacu rakit tradisional di Sungai Musi Desa Tanjung Beringin, Kecamatan Curup Utara, Senin (16/4) pagi.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Wakil Bupati Rejang Lebong H. Iqbal Bastari, S.Pd, MM dan dihadiri juga di antaranya, Ketua Formi Provinsi Bengkulu, Staf Ahli Bupati Bidang Perekonimian Setdakab Rejang Lebong, Kapolres Rejang Lebong, Dandim 0409, sejumlah Kepala OPD, Camat dan Kades Tanjung Beringin.

Ketua FORMI Rejang Lebong Wahyuda Hendika, S. Sos (Andi) mengatakan, tujuan dilaksanakannya lomba pacu rakit ini adalah untuk melestarikan kembali olahraga tradisional yang sudah hampir dilupakan oleh masyarakat khususnya di Kabupaten Rejang Lebong.

“Kita tengah mengupayakan pelestarian olahraga tradisional. Olahraga lomba pacu rakit bambu seperti ini sangat perlu untuk digalakkan dan dilestarikan,” ujar Andi kepada Media Center saat ditemui di lokasi lomba.

Andi menjelaskan, lomba pacu rakit tradisional ini digelar menanggapi usulan dari organisasi Mahasiswa Pecinta Alam STAIN Curup (MAPASTA) beberapa waktu lalu. Sebelumnya lomba rakit tradisonal ini pernah digelar di tahun 2009 lalu di Desa Suka Datang, namun, seolah sirna, sejak saat itu olahraga ini tak pernah lagi digelar.

“Lomba pacu rakit bambu ini idenya Mapasta, jadi, kami (Formi) yang memfasilitasinya, kami sangat mendukung kegiatan ini dan kami harap ini akan menjadi agenda tahunan pemerintah daerah,” ungkapnya.

Andi menambahkan, lomba pacu rakit tradisional ini akan diikuti sebanyak 45 peserta, yang mewakili Desa-desa yang ada di 15 Kecamatan di Kabupaten Rejang Lebong.

“Sampai sekarang yang mendaftar sebanyak 45 peserta, tidak menutup kemungkinan, besok (Selasa, 17/4) peserta akan bertambah,” tambahnya.

Andi juga menjelaskan, pada olahraga ini para peserta akan berlomba menggunakan bambu yang telah dirakit menyerupai perahu sepanjang 8 meter dengan jumlah muatan 3 orang. Sedangkan untuk lintasannya sepanjang 100 meter dengan lebar lintasan 6 meter dengan kedalaman 2 meter.

“Para peserta akan memacu rakit melawan arus air untuk mencapai garis finish,” tutupnya.(Ic/ANDI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *