Ketersediaan Beras di Kabupaten Rejang Lebong Tahun 2017 Surplus

MEDIA CENTER REJANG LEBONG: Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Rejang Lebong menyebutkan ketersediaan Beras di Kabupaten Rejang Lebong pada Tahun 2017 mengalami surplus.

Kepala Bidang Ketersediaan dan Kerawanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Rejang Lebong, Cut Evaroza mengatakan, berdasarkan data yang diinput dari Januari sampai Desember 2017, ketersediaan Beras (Padi Sawah+Ladang) terhadap jumlah penduduk di Rejang Lebong mengalami surplus sebesar 40.368,99 ton.

“Sepanjang 2017, di Kabupaten Rejang Lebong, kebutuhan Beras mencapai 27.453.28 ton pertahun, sementara jumlah konversi produksi Padi ke Beras yang tersedia mencapai 67.822,26 ton sehingga kita mengalami surplus sebesar 40.368,99 ton,” ujar Cut Evaroza saat ditemui tim Media Center di ruang kerjanya belum lama ini.

Cut menjelaskan, Dari kondisi ini, dapat dipastikan bahwa Rejang Lebong mengalami aman pangan, karena daerah yang mengalami devisit beras, akan ditutupi oleh daerah-daerah yang jumlah produksinya tinggi.

“Surplus ini juga sangat dipengaruhi oleh pesatnya pembangunan sarana infrastruktur di Rejang Lebong,” jelasnya.

Kami berharap, ujar Cut Evaroza, pada Tahun 2018, ketersediaan pangan di Kabupaten Rejang Lebong akan semakin meningkat, karena mengingat jumlah penduduk yang terus bertambah.(Ic/AYU)

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *