STRATEGI

Strategi merupakan langkah-langkah yang memuat sejumlah program indikatif untuk mewujudkan Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati terpilih. Dalam strategi terdapat rumusan strategi yang merupakan uraian pernyataan yang menjelaskan bagaimana Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran yang akan diwujudkan.

Strategi akan dilengkapi denan arah kebijakan yang menunjukan fokus atau prioritas perhatian yang akan ditetapkan untuk mendukung terjaganya proses pembangunan agar menuju pada tujuan, sesuai dengan kurun waktu 5 (Lima) tahun mendatang (RPJMD).

ARAH KEBIJAKAN

Arah Kebijakan merupakan pedoman untuk mengarahkan rumusan strategi yang dipilih agar lebih terarah dalam mencapai tujuan dan sasaran dari waktu kewaktu selama  5 (Lima) tahun. Rumusan arah kebijakan merasionalkan pilihan strategi agar memiliki fokus dan sesuai dengan urutan waktu pelaksaanaan.

Strategi dan arah kebijakan merupakan komponen  dari  bagian yang diperlukan dalam mencapai tujuan dan sasaran pembangunan jangka menengah, sebagai dasar perumusan program menurut urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah.

Untuk mewujudkan 6 (Enam) tujuan dan 20 (Dua Puluh) sasaran dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) Kabupaten Rejang Lebong Tahun 2016 – 2021, maka disusunlah 23 (Dua Puluh Tiga) Strategi dan 42 (Empat Puluh Dua) Arah Kebijakan dengan rincian :

  1. Misi I “ Mewujudkan pelayanan kesehatan yang berkualitas, adil dan merata “ terdapat 1 strategi dan 3 arah kebijakan;
  2. Misi II “ Mewujudkan kualitas pendidikan yang merata dan berkeadilan “ terdapat 3 Strategi dan 4 Arah Kebijakan;
  3. Misi III “ Mewujudkan ekonomi kerakyatan berbasis potensi lokal yang berdaya saing “ terdapat 8 strategi 14 arah kebijakan.
  4. Misi IV “ Mewujudkan nilai-nilai agama dan budaya dalam melandasi pelaksanaan pembangunan “ terdapat 1 strategi 3 arah kebijakan
  5. Misi V “ Mewujudkan sistem pemerintahan yang bersih dan akuntabel “ terdapat 5 strategi 9 arah kebijakan
  6. Misi VI “ Mewujudkan pembangunan yang merata dan bersinergi yang berwawasan lingkungan “ terdapat 7 strategi 12 arah kebijakan..