Eksekutif Tanggapi Pandangan Fraksi Terkait Rancangan APBD TA 2018

REJANG LEBONG, MCRL: DPRD Rejang Lebong kembali menggelar rapat paripurna. Ini merupakan kali ketiga dewan menggelar rapat paripurna sejak eksekutif menyampaikan Nota Pengantar Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kabupaten Rejang Lebong Tahun Anggaran 2018.

Jawaban eksekutif ini disampaikan oleh Wakil Bupati Rejang Lebong H. Iqbal Bastari, S.Pd, MM, di Gedung DPRD Rejang Lebong, Jumat (24/11/2017). Wabup menjelaskan berbagai persoalan yang dikemukan fraksi-fraksi DPRD pada rapat paripurna sehari sebelumnya.

Menurut mekanismenya, dokumen penjelasan dari Eksekutif ini nanti akan diberikan kepada pimpinan dewan. Dari pimpinan dewan akan diserahkan lagi ke komisi-komisi untuk dilakukan pembahasan.

Selanjutnya, Komisi akan rapat dengan mitra kerja, yakni OPD terkait, untuk melakukan pembahasan RAPBD tersebut. Hasil pembahasan komisi dengan mitra kerja ini nanti akan disampaikan lagi ke pimpinan dewan.

Setelah itu, pimpinan dewan menyerahkan hasil pembahasan tersebut ke Badan Anggaran (Banggar) untuk dibahas lebih lanjut serta sebagai bahan bagi Banggar untuk menyusun laporan.

Hasil pembahasan Banggar ini akan diserahkan lagi kepada pimpinan dewan. Pimpinan dewan selanjutnya menyerahkan kembali ke fraksi-fraksi, sebagai bahan seluruh fraksi untuk menyusun pendapat akhir.

Di pendapat akhir fraksi ini akan didapat kesimpulan, apakah RAPBD ini bisa disahkan atau tidak. (FRANKY ADINEGORO)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *