Bappeda Gelar Bimtek Aplikasi E-Musrenbang

REJANG LEBONG, MCRL: Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Dinas Komunikasi Informatika (Kominfo) menggelar Sosialisasi dan Bimbingan Teknik (Bimtek) Aplikasi E-Musrenbang Kabupaten Rejang Lebong Tahun Anggaran 2017. Kegiatan sosialisasi dipusatkan di gedung pola Pemda RL dan dihadiri Kepala Desa, Lurah, Camat, OPD se-Kabupaten RL, Sabtu (25/11).

e-Musrenbang adalah singkatan dari musyawarah perencanaan pembangunan, yang merupakan suatu forum antarpemangku kepentingan dengan pendekatan bottom-up. Di mana masyarakat dapat memberikan suaranya dalam menyusun perencanaan pembangunan di Kabupaten/Kota.

Mewakili Bupati Rejang Lebong, Asisten Administrasi Perekomonian dan Pembangunan Setda Benny Irawan, dalam sambutannya mengatakan, tujuan dari sosialisasi adalah untuk memberikan penjelasan secara sistem, tata cara serta proses dalam penggunaan aplikasi e-Musrenbang.

“Usulan yang digunakan dalam aplikasi e-Musrenbang merupakan usulan yang langsung dari tingkat RW, diverifikasi di tingkat Desa/Kelurahan, tingkat kecamatan, selanjutnya diverifikasi di tingkat OPD. Inilah yang akan menjadi bahan pada forum OPD nantinya,” ujar Benny.

Keberhasilan di suatu wilayah, lanjut Benny, ditentukan oleh kualitas perencanaan pembangunan. Sebagaimana perencanaan menjadi penunjuk arah yang jelas tentang apa yang menjadi kebutuhan warga dengan target yang jelas dan terukur.

“Musrenbang memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk memastikan pembangunan yang dilakukan pemerintah sesuai dengan kebutuhan. Dengan adanya partisipasi masyarakat, maka, pembangunan akan menjadi tepat sasaran,” jelasnya.

“Atas nama pemerintah Kabupaten Rejang Lebong, saya mengucapkan terima kasih kepada semua peserta sosialisasi dan Bimtek aplikasi e-Musrembang. Saya harap, peserta dapat mengikuti dan belajar sehingga dapat diterapkan pada awal tahun 2018 nanti, yaitu pelaksanaan Musrenbang untuk tahun 2019,” tutupnya. (ANDI SAPUTRA)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *