Harga Kantong Darah PMI Rejang Lebong Paling Murah Se-Indonesia

Kegiatan donor darah PMI Rejang Lebong di SPN Bukit Kaba, 10 November kemarin.

MEDIA CENTER, REJANG LEBONG: Sejak 1 Januari 2014 lalu, biaya pengganti untuk mendapatkan per kantong darah mencapai Rp 360.000. Itu merupakan tarif resmi yang berlaku se-Indonesia berdasarkan Surat Edaran (SE) Menteri Kesehatan (Menkes) No.HK/MENKES/31/1/2014 tentang Pelaksanaan Standar Tarif Pelayanan Kesehatan pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama dan Fasilitas Tingkat Lanjutan dalam penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan.

Namun, khusus di Kabupaten Rejang Lebong, masyarakat cukup mengeluarkan biaya pengganti Rp 250.000 saja untuk per kantongnya.

“Untuk di PMI Rejang Lebong hanya Rp 250 ribu per kantong untuk biaya pengganti. Di tempat lain, sesuai dari pusat, harganya Rp 360 ribu per kantong darah,” kata Hendra Wahyudiansyah, Ketua PMI Rejang Lebong, di Curup, belum lama ini.

Ini merupakan bentuk kepedulian PMI Rejang Lebong kepada masyarakat kurang berada. Tak cuma itu. PMI Rejang Lebong juga masih mempunyai program bantuan darah gratis yang diperuntukkan bagi masyarakat tidak mampu.

“Kita memberikan khusus kepada masyarakat Rejang Lebong kantong darah gratis bagi yang benar-benar membutuhkan, supaya tidak membebani pihak keluarganya,” ungkap Hendra.

Untuk itu, jelasnya, kalau ada masyarakat yang benar-benar membutuhkan kantong darah, bisa menghubungi call center PMI Rejang Lebong langsung di nomor 082177790682.

Masih menurut Hendra, kebutuhan kantong darah di Rejang Lebong saat ini kurang lebih 300 kantong per bulan. Sementara, yang bisa PMI hasilkan berkisar 300 sampai 400 kantong per bulan.

“Ke depan, kita akan lebih menggiatkan donor darah secara sukarela dengan cara jemput bola. Jadi kita tidak akan menunggu saja, kita akan mendatangi instansi-instansi terkait untuk melakukan donor darah secara sukarela,” kata putra keempat Bupati Rejang Lebong itu. (FRANKY ADINEGORO)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *