Pemuda Lembak Harumkan Nama Rejang Lebong ke Kancah Nasional

MEDIA CENTER, REJANG LEBONG: Untuk pertama kalinya Rejang Lebong mendapatkan peringkat kesatu dalam ajang lomba Pemuda Pelopor di tingkat nasional. Prestasi membanggakan itu diraih oleh Endang Saputra, remaja asli daerah Lembak, yang berhasil menyabet trofi pemuda pelopor untuk kategori bidang pendidikan.

Endang didaulat sebagai Pemuda Pelopor Pendidikan Terbaik di Indonesia pada perhelatan yang digelar di Jakarta pada 12-15 Oktober 2017 kemarin.

Ada 5 delegasi untuk pelopor yaitu Pemuda Pelopor bidang Pendidikan, Pemuda Pelopor Bidang Sosial dan Pariwisata, Pemuda Pelopor bidang Teknologi, Pemuda Pelopor bidang Pangan,Pemuda Pelopor bidang Ilmu Teknologi, dan yang terakhir bidang Lingkungan dan Sumber Daya Alam.

Program tentang minat baca menjadi program yang diutamakan oleh Endang. Sudah ada 3 program yang Endang gagas untuk menggairahkan minat baca yakni mendirikan Rumah Baca, Taman Baca, dan perpus keliling.

Untuk tahap awal, ada 85 peserta dari 25 provinsi, dan yang lulus berkas hanya 75 peserta dari 25 Provinsi. Hanya 2 Peserta dari Provinsi Bengkulu yang lulus.

Penilaian dari pemilihan pelopor terbaik ini dari presentasi dalam waktu 10 menit dan dilakukan sesi tanya jawab antara dewan juri dan peserta.

Endang berharap dengan prestasi yang ia peroleh dapat memotivasi para pemuda Rejang Lebong untuk menjadi pelopor agar nanti bisa ikut mengharumkan Rejang Lebong di kancah nasional.

“Sebenarnya ketika saya mendapat juara ini juga menjadi beban buat saya. Karena bagaimana ke depannya Rejang Lebong ini harus ada pelopornya. Kalau tahun ini bisa mengirim satu pelopor saja saya berharap sangat ke depannya bisa mengirim 5 pelopor,” ujarnya. (RAMA)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *