OPD yang Punya Kegiatan di APBDP Diimbau Bergegas Serahkan RUP

Benny Irawan, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Kabupaten Rejang Lebong. (franky)

MEDIA CENTER, REJANG LEBONG: Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang memiliki kegiatan di APBD perubahan 2017 diimbau agar secepatnya menyerahkan Rencana Umum Pengadaan. Imbauan ini sehubungan dengan kian dekatnya jadwal pengesahan RAPBDP yang, menurut jadwal, bakal dilaksanakan akhir bulan ini.

“Kita mengimbau kepada OPD yang memiliki pekerjaan di APBD perubahan untuk mempercepat SiRUPnya. RUPnya. Untuk menayangkan apa-apa yang mesti dilelang. Kalau untuk yang di APBD murni, kan, sudah,” kata Benny Irawan, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Kabupaten Rejang Lebong, didampingi Kabag Administrasi Pengadaan Barang dan Jasa Yusran Fauzi, di Rejang Lebong, Rabu (18/10).

Benny menjelaskan, hingga saat ini belum ada satu pun OPD yang menyerahkan RUP tersebut, padahal, sekitar akhir bulan Oktober, DPRD telah menjadwalkan paripurna pengesahan RAPBDP 2017.

“Mestinya di tanggal-tanggal segini OPD sudah harus menayangkan RUP itu. Sehingga, ketika APBDP ‘ketuk palu’, mereka hanya tinggal menyerahkan dokumen lelangnya saja,” terang Benny, diiyakan Yusran.

Yusran menambahkan, jika OPD belum menyerahkan RUP dimaksud hingga beberapa hari ke depan, dikhawatirkan bakal menimbulkan ketergesa-gesaan. Idealnya, kata Yusran, sebelum APBDP disahkan, OPD sudah menayangkan RUP ini.

“Dan ini tidak menyalahi,” terang Yusran.

Senada dengan Yusran, Benny menjelaskan, penayangan RUP sebelum pengesahan RAPBDP ini memang diatur dalam Perka LKPP.

“Mungkin ada sebagian OPD yang berpikiran, kalau menayangkan RUP sebelum pengesahan RAPBDP ini nanti dianggap mendahului anggaran. Padahal tidak. Ini ada aturannya,” Benny menegaskan.

Oleh karena semakin sempitnya waktu saat ini, maka sekali lagi Benny mengimbau kepada OPD terkait agar bergegas menyampaikan RUP.

“Selesai ketuk palu, OPD hanya tinggal menyampaikan dokumen lelang saja yang berisi KAK, HPS, dan Spek,” timpal Yusran diiringi anggukan Benny. (FRANKY)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *