Eksekutif Beri Penjelasan Atas Pandangan Fraksi-Fraksi DPRD, Terkait RAPBDP 2017

Wakil Bupati Rejang Lebong H. Iqbal Bastari saat menyampaikan penjelasan kepada fraksi-fraksi di DPRD Rejang Lebong, dalam rapat paripurna yang digelar, Sabtu (7/10). (MCRL/ANDI)

REJANG LEBONG, MEDIA CENTER: Setelah mendengarkan pandangan fraksi-fraksi di DPRD terkait RAPBDP Kabupaten Rejang Lebong Tahun Anggaran 2017, kali ini giliran eksekutif menanggapi pandangan fraksi tersebut. Penjelasan pemerintah daerah ini sampaikan oleh Wakil Bupati Kabupaten Rejang Lebong H. Iqbal Bastari, S.Pd, MM, Sabtu (7/10), dalam rapat paripurna yang digelar di gedung DPRD Rejang Lebong.

Beberapa hal yang dijelaskan oleh Wabup diantaranya terkait pertanyaan Fraksi Partai Gerindra soal bagaimana konsep Pemkab Rejang Lebong untuk menyiapkan SDM yang cerdas dan trampil, serta memajukan bidang pendidikan.

“Dengan beralihnya kewenangan pengelolaan urusan pemerintahan bidang pendidikan menengah yang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi, maka untuk pengelolaan pendidikan dasar yang masih menjadi kewenangan daerah, serta dalam rangka mempersiapkan SDM yang cerdas terampil, pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan telah berupaya melakukan berbagai inovasi atas program dan kegiatan,” terang Wabup.

Lebih jauh Wabup menjelaskan, inovasi dan program dimaksud diantaranya pemda akan mengalokasikan anggaran sekolah gratis dan pakaian seragam sekolah gratis.

Oleh karena itu, ujar Wabup, terhadap program dan kegiatan yang telah diusulkan pada APBD Perubahan, maupun yang akan direncanakan pada APBD TA 2018, pemda berharap mendapat dukungan dari lembaga DPRD.

“Demi terwujudnya Kabupaten Rejang Lebong sebagai Kota Pendidikan,” ujar pria asal Klaten itu.

Tak cuma kepada Fraksi Gerindra, Wabup pun memberikan penjelasan dan menanggapi satu persatu pertanyaan kesembilan fraksi-fraksi DPRD ini.

“Apabila jawaban dan penjelasan ini dirasa belum cukup memuaskan anggota dewan, kiranya akan lebih bijaksana dan efektif untuk dibahas dan dibicarakan secara bersama dalam rapat-rapat komisi atau badan anggaran DPRD Kabupaten Rejang Lebong, dengan melibatkan SKPD terkait sebagai mitra kerja anggota dewan yang terhormat,” ucap Wabup.

Usai rapat paripurna hari ini, tahapan selanjutnya adalah rapat gabungan komisi. Di sini, pimpinan dewan akan menyampaikan kembali jawaban eksekutif tersebut kepada komisi-komisi untuk dilakukan pembahasan. Kemudian diteruskan dengan rapat komisi dengan para mitra kerja. (FRANKY)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *