Akun Facebook Istri Bupati Rejang Lebong Diretas, Pelaku Meminta Sejumlah Uang

REJANG LEBONG, MEDIA CENTER: Akun Facebook istri Bupati Kabupaten Rejang Lebong, Fitri Herikasari Hijazi, SE, diretas (hacked) orang tak dikenal. Usai meretas akun FB tersebut, pelaku melancarkan aksinya, mengatasnamakan Bunda Fitri meminta sejumlah uang kepada kolega, pejabat, dan kerabat Bunda Fitri.

Dari screenshoot percakapan di messengger FB diketahui, aksi hacker tersebut terjadi sejak 14 Januari 2016, namun, baru diketahui keluarga Bupati, Rabu, 27 September 2017 kemarin.

“Info! FB Bunda Fitri telah dibajak orang. Modus penipuan minta transfer uang yang mengatasnamakan Ibu Bupati. Agar berhati-hati,” demikian pemberitahuan dari ajudan Bupati Rejang Lebong Rohadi, Rabu (27/9) malam, melalui akun WA-nya.

Tidak hanya Bunda Fitri, pejabat Rejang Lebong lainnya pun tak luput dari aksi para hacker ini. Sekretaris DP3A PPKB, Nunung Tri Mulyanti pun mengalami hal serupa.

“FB saya juga di-hacker. Dan sama, intinya minta transfer uang, termasuk dia minta ke Bunda Fitri. Ini messenger dari hacker untuk Bunda Fitri mengatasnamakan saya. Tolong bantu yang berteman agar melaporkannya ke FB juga supaya yang hacker ditutup. Terima kasih,” demikian bunyi postingan Nunung, via Grup WA Information Centre, Rabu (27/9) malam.

Kasus serupa juga dikemukakan oleh Kabid Pelayanan RSUD Curup dr. Honey Rossa Nita. Dalam postingan via WA-nya, Honey menuturkan aksi hacker juga menimpa seorang korban bernama Jumira.

“Ini juga korban hacker yang mengatasnamakan Bunda. Dalam percakapan di messenger tersebut, oknum yang mengatasnamakan Bunda Fitri ini ingin meminjam uang sebesar Rp 1 juta kepada korban bernama Jumira,” ungkap Honey.

Atas kejadian ini semua pihak terutama para pejabat dan ASN di lingkungan Pemkab Rejang Lebong agar berhati-hati. Jangan sampai menjadi korban penipuan. Selanjutnya, karena akun FB atas nama Bunda Fitri atau Bunda Fitri Hijazi telah diretas, maka apabila dari kedua akun tersebut meminta sejumlah uang, itu bukan berasal dari Bunda Fitri, dan mohon untuk tidak ditanggapi.

Bagi korban yang akun FB-nya dibajak, atau korban yang dimintai uang oleh oknum tertentu, diimbau agar segera melapor ke aparat yang berwenang dengan melampirkan “ScreenShoot” dari pesan yang dikirim oleh peretas. (FRANKY)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *