Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Rejang Lebong, Ir H Zulkarnain MT (tengah), saat menghadiri Monev dengan KPK di Kantor Gubernur Bengkulu, baru-baru ini. (MCRL/FRANKY)

CURUP, MCRL: Tahun 2018 mendatang Pemkab Rejang Lebong melaui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) sudah akan menerapkan aplikasi e-Musrenbang. Dengan aplikasi ini, maka masyarakat akan dengan mudah mengajukan setiap usulan pembangunan hanya bermodalkan komputer dengan jaringan internet. E-Musrenbang merupakan aplikasi perencanaan berbasis website yang dibangun untuk mendukung upaya sinergi perencanaan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah baik di Pusat maupun di Daerah.

“Sebagaimana pernah kita simulasikan kemarin, Insya Allah tahun depan kita sudah siap laksanakan e-Musrenbang,” kata
Ketua Bappeda Kabupaten Rejang Lebong Zulkarnain, melalui Kabid Penelitian, Pengembangan dan Kerja Sama Pembangunan Budi Afrian, kepada MCRL, di kantor Bappeda RL, Sabtu (12/8).

Melalui e-Musrenbang ini, kata Budi, usulan pembangunan dari masyarakat mulai dari tingkat RW, kelurahan dan kecamatan, bisa
langsung disampaikan atau di-input lewat aplikasi berbasis internet tersebut.

“Setiap usulan rencana pembangunan bisa dimasukkan lewat aplikasi tersebut. Fungsi aplikasi ini untuk memudahkan agar rencana yang diusulkan bisa diterima dengan cepat,” ujarnya.

Budi berharap, dengan adanya aplikasi e-Musrenbang ini dapat mempermudah sinergi perencanaan antara pemerintah pusat dan
pemerintah daerah khususnya perencanaan dan penganggaran sesuai dengan kebutuhan.

“Aplikasi ini dikembangkan oleh Bappeda dan Dinas Kominfo Kabupaten Rejang Lebong, dan dapat diakses melalui situs
http://musrenbang.rejanglebongkab. go.id,” jelas Budi. (FRANKY_Media Center RL)