Budi Afrian, Kabid Penelitian, Pengembangan dan Kerja Sama Pembangunan Bappeda Kabupaten Rejang Lebong. (MCRL/FRANKY)

CURUP, MCRL: Kalau tak ada kendala, tahun 2018 mendatang Bappeda Rejang Lebong sudah menerapkan Musrenbang secara elektronik (e-Musrenbang). Untuk itu tahun ini Bappeda berencana mensosialisasikan tata cara pengajuan usulan melalui aplikasi e-Musrenbang tersebut ke perangkat desa, kelurahan dan kecamatan.

“Saat sosialisasi dan simulasi nanti, kan, kita membutuhkan jaringan internet yang kencang, makanya, tahun ini kita akan menggandeng Dinas Kominfo untuk meningkatkan¬†bandwith¬†atau daya jangkau wi-fi agar pada saat pelaksanaan simulasi, tidak ada kendala lagi,” kata Budi Afrian, Kabid Penelitian, Pengembangan dan Kerja Sama Pembangunan Bappeda Kabupaten Rejang Lebong, disambangi di kantor Bappeda, Sabtu (12/8).

Rencana ini berawal dari pengalaman Bappeda saat mengadakan acara simulasi beberapa waktu yang lalu. Saat itu para peserta sedikit terkendala karena jaringan internet yang tersedia sangat lemah sehingga pelaksanaan simulasi aplikasi memakan waktu lama.

“Selain itu, tahun ini kita juga akan menyiapkan komputer 10 unit, termasuk ruangannya. Untuk ruangannya ini, kita belum tahu, di
mana nantinya. Untuk pengadaan komputer ini sudah kita masukkan di anggaran Perubahan tahun ini,” ungkap Budi.

Budi berharap dengan adanya fasilitas ini, desa-desa dan kelurahan yang tidak mempunyai perangkat seperti komputer dan internet, nanti bisa melakukan peng-input-an data di Bappeda. (FRANKY_Media Center RL)