Tahun Ini Pemkab RL Buka Jalan Baru ke Situs Batu Betiang

Tahun Ini Pemkab RL Buka Jalan Baru ke Situs Batu Betiang

CURUP, MCRL: Dalam rangka mewujudkan Rejang Lebong sebagai Kota Wisata, tahun ini Pemerintah Daerah bakal membangun sejumlah infrastruktur pendukung bagi beberapa destinasi wisata unggulan. Di antaranya, membuka jalan baru menuju ke situs Air Terjun Batu Betiang yang terletak di Kecamatan Bermani Ulu Raya. Obyek wisata satu ini merupakan salah satu unggulan di antara sekian destinasi wisata yang ada di daerah berjuluk Bumei Pat Petulai saat ini.
“Insya Allah tahun ini kita akan membuka jalan baru di areal ini dengan nama paket Pembukaan Jalan Akses Wisata Situs Batu Betiang dan Taman Hutan Madapi Bermani Ulu Raya,” kata Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Rejang Lebong Suhadi, di ruangannya, Senin (3/7) siang.
Suhadi menjelaskan, pembukaan jalan baru ini rencananya hanya sepanjang 2 kilometer, dengan lebar 5 meter. Sisanya, karena dianggap masuk dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Sebelat (TNKS), yakni sekitar 3 kilometer menuju ke lokasi air terjun, rencananya akan dibangun semacam rabat beton saja.
“Dan soal ini pun kita masih melakukan korrdinasi dengan pihak TNKS,” ujarnya.
Untuk pengerjaan proyek ini, ucap Suhadi, Dinas Pekerjaan Umum menganggarkan sebesar Rp 1.553.460.
Terpisah, Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong M. Sobri Al Fikri mengatakan, Air Terjun Batu Betiang memang bukanlah satu-satunya yang menjadi obyek wisata primadona saat ini.
“Ada juga obyek wisata lain yang kita promosikan, diantaranya Danau Mas Harun Bestari, Bukit Kaba, Suban Air Panas, termasuk Air Terjun Batu Betiang ini,” kata Sobri.
Dengan dibangunnya sejumlah sarana pendukung tersebut, kata Sobri, destinasi wisata ini diharapkan bisa mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD).
“Kita berharap ada kunjungan wisatawan lokal dan nusantara, yang tentunya akan menambah PAD kita,” tandas Sobri.
Batu Betiang merupakan obyek wisata yang terletak di Kecamatan Bermani Ulu Raya, berupa keindahan air terjun dan bentangan dinding berbatu tersusun rapi yang terbentuk secara alami. Belum ada penelitian resmi dari pemerintah daerah soal bagaimana susunan batu itu bisa terbentuk sedemikian rupa. (fr/ical/rama/mcrl)

1 Comment

  1. jalanjalankitadotcom

    mantapp….Sukses terus untuk pengembangan wisata di Rejang Lebong, camkohaaa

    Balas

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *