CURUP, KOMINFO: Wakil Bupati Kabupaten Rejang Lebong Iqbal Bastari, Sabtu (6/5) pagi, menghadiri acara Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Lapangan Dwitunggal Curup. Acara yang diselenggarakan Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu bekerjasama dengan Pemkab Rejang Lebong itu bertujuan mengajak masyarakat agar selalu membudayakan kebiasaan hidup sehat.
“Saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur Ridwan Mukti yang telah mempercayakan kegiatan Germas ini di Kabupaten Rejang Lebong,” kata Wabup Iqbal, dalam sambutannya.
Pagi itu, sebelum menyampaikan kata sambutan, Wabup Iqbal memberikan door prize kepada para peserta yang didominasi kaum ibu. Hadiahnya berupa uang tunai Rp 50.000 hingga Rp 100.000 plus bingkisan dari panitia. Untuk mencairkan suasana dan membuat acara lebih meriah, Wabup juga mengajak para peserta yang hari itu mengenakan pakaian training, untuk berjoget bersama. Dari wajah para peserta nampak muka antusias terutama ketika Pak Wabup melontarkan pertanyaan quiz yang relatif mudah dijawab
“Coba sebutkan motto Kabupaten Rejang Lebong?” Wabup melontarkan pertanyaan lagi, yang diikuti sejumlah tangan peserta mengacung ke atas.
Dalam kesempatan itu Wabup mengajak kepada masyarakat untuk melakukan Gerakan Hidup Sehat seperti melakukan aktivitas fisik selama 30 menit setiap hari, makan sayur dan buah setiap hari, serta memeriksa kesehatan secara rutin minimal 6 bulan sekali.
“Kemudian tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, membersihkan lingkungan, dan menggunakan jamban sehat,” ujar Iqbal, mengutip 7 pesan Germas Hidup Sehat yang dicanangkan Pemprov Bengkulu sejak kepemimpinan Ridwan Mukti. (fr/mcrl)