REJANG LEBONG, MCRL: Sejak pemerintah meluncurkan program dana desa pada 2015 lalu, roda pembangunan ekonomi pinggiran di desa mulai berputar. Sejumlah infrastruktur seperti jalan, BUMDes, posyandu, PAUD, pasar, saluran irigasi dan embung, kini mulai bertebaran dibangun di pelosok desa.

Keberadaan dana desa benar-benar menjadi solusi baru bagi persoalan di desa sehingga diharapkan dapat mempersempit ketimpangan, mengurangi laju urbanisasi, menurunkan angka pengangguran, dan mengurangi angka kemiskinan.

Dari Dana Desa ini masyarakat bebas menentukan kebijakan membangun infrastruktur yang benar-benar menjadi kebutuhan desa. Yuk, kita tengok cerita dari Desa Tanjung Gelang, Kecamatan Kota Padang, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu berikut ini.

Tahun 2019, Desa Tanjung Gelang memperoleh Dana Desa sebesar Rp 808.223.000, kemudian ADD sebesar Rp 459.549.000. Artinya, desa ini mendapat alokasi dana sebesar Rp 1.267.772.000.

Dari total jumlah tersebut, Desa Tanjung Gelang telah mempergunakan untuk keperluan desa mulai dari penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan infrastruktur, dan pembinaan kemasyarakatan.

Pembangunan infrastruktur, misalnya. Selain membangun jalan lingkungan dan prasarana jalan desa seperti gorong-gorong dan selokan, Desa Tanjung Gelang juga telah membangun sarana air bersih atau pipanisasi sampai ke kawasan pemukiman warga.

Sarana air bersih merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia, dan masih minimnya sarana penyediaan air bersih untuk masyarakat selama ini menyebabkan Desa Tanjung Gelang memutuskan untuk membangun pipanisasi dari sumber mata air ke bak penampungan di tengah-tengah pemukiman warga.

Sejak dibangun pipanisasi ini, kini masyarakat Desa Tanjung Gelang tak perlu lagi bersusah payah mengambil air bersih untuk kebutuhan sehari-hari. Selain itu, keberadaan sarana air bersih tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, meningkatkan budaya bersih di masyarakat, dan mengembangkan sanitasi lingkungan di Desa Tanjung Gelang. [MC FRANKY]

2 total views, 1 views today