Dinsos Bentuk Kampung Siaga Bencana Di Rejang Lebong

//Dinsos Bentuk Kampung Siaga Bencana Di Rejang Lebong

Dinsos Bentuk Kampung Siaga Bencana Di Rejang Lebong

MEDIA CENTER, REJANG LEBONG: Dinas Sosial Provinsi Bengkulu bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rejang Lebong, menggelar pelatihan dan penyuluhan pembentukan Kampung Siaga Bencana di Kantor Balai Desa Sumber Urip, Kecamatan Selupu Rejang, Senin (8/10) sore.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 60 warga setempat dan dijadwalkan selama tiga hari kedepan, mulai tanggal 8 hingga 10 Oktober yang meliputi  penyuluhan, pelatihan Kampung Siaga Bencana serta menggelar simulasi penanggulangan bencana Gunung Berapi, mengingat Desa Sumber Urip ini merupakan desa terdekat dari lokasi Gunung Berapi aktif Bukit Kaba Kabupaten Rejang Lebong.

Kepala Dinas sosial Provinsi Bengkulu Iskandar ZO menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan perlindungan serta meningkatkan kapasitas masyarakat agar lebih siap siaga dalam menghadapi kerawanan, kerentanan, dan risiko bencana alam, melalui pemanfaatan sumber daya alam dan manusia yang ada di lingkungan setempat.

“Pembentukan Kampung Siaga Bencana ini merupakan salah satu upaya perlindungan serta memberikan pemahaman kepada masyarakat, khususnya di desa-desa yang rawan bencana agar lebih siap siaga dalam menghadapi bencana alam, ujar Iskandar ZO saat menyampaikan sambutannya dalam acara tersebut.

Iskandar berharap, pembentukan Kampung Siaga Bencana ini dapat memberikan motivasi kepada seluruh masyarakat dan wilayah-wilayah lainnya agar lebih peduli dalam hal penanggulangan bencana alam.

“Kami berharap melalui pembentukan Kampung Siaga Bencana ini dapat memotivasi masyarakat dan desa-desa lainnya untuk lebih peduli masalah penanggulangan bencana di lingkungan masing-masing,” ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Rejang Lebong, Zulfan Efendi, berharap, agar seluruh peserta benar-benar mengikuti pelatihan dan penyuluhan tersebut, sehingga kedepan, respon tanggap dan sigap dalam menghadapi bencana terutama bencana gunung berapi benar-benar dipahami oleh masyarakat.

“Saya berharap, paling tidaknya masyarakat di Kabupaten Rejang lebong terutama warga Desa Sumber Urip yang dekat dengan Gunung Api Bukit Kaba paham secara pengetahuan dalam mengahadapi bahaya bencana alam yang mengancam,” ungkap Zulfan. (Rama)

By |2018-10-09T06:04:17+00:00Oktober 9th, 2018|Categories: Berita|Komentar Dinonaktifkan pada Dinsos Bentuk Kampung Siaga Bencana Di Rejang Lebong

About the Author: