Dinas Perpustakaan Akan Terapkan Layanan Otomasi Perpustakaan Di Sekolah

MEDIA CENTER REJANG LEBONG: Dinas Perpustakaan Kabupaten Rejang Lebong semakin gencar meningkatkan pelayanan dan pengelolaan perpustakaan, terutama perpustakaan sekolah. Di tahun ini, Dinas Perpustakaan akan menerapkan layanan berbasis Otomasi Perpustakaan.

Otomasi Perpustakaan merupakan sebuah proses pengelolaan perpustakaan dengan menggunakan bantuan Teknologi Informasi. Dengan otomasi perpustakaan proses pengolahan data koleksi perpustakaan menjadi lebih akurat dan cepat. Otomasi Perpustakaan juga merupakan pemanfaatan teknologi informasi untuk kegiatan-kegiatan perpustakaan seperti pengadaan, pengolahan, penyimpanan dan penyebarluasan informasi juga mengubah sistem perpustakaan manual menjadi sistem perpustakaan yang terkomputerisasi.

Kepala Dinas Perpustakaan Rejang Lebong melalui Sekertaris, M. Zen, S.Pd mengatakan, pihaknya telah mengajukan proposal ke Dinas Perpustakaan Provinsi Bengkulu untuk merealisasikan pelayanan berbasis otomasi tersebut, karena otomasi perpustakaan merupakan program dari Pemerintah Provinsi Bengkulu.

“Kita sudah usulkan 10 sekolah, yang semuanya sudah memenuhi kriteria seperti memiliki gedung perpustakaan sendiri, jumlah buku dan siswanya banyak, kemudian sarana dan prasarana pendukung yang memadai,” ucapnya.

Zen menjelaskan, otomasi perpustakaan dinilai sangat penting untuk diterapkan di sekolah, mengingat hingga saat ini sebagian besar perpustakaan sekolah dikelola oleh pustakawan tunggal.

“Pengelolaan perpustakaan yang ditangani oleh pustakawan tunggal rentan terbengkalai, hal tersebut dikarenakan kegiatan yang dikelola tidak hanya satu. Maka dari itu perpustakaan memerlukan sistem yang dapat membantu mengelola perpustakaan yang disebut otomasi perpustakaan,” ujar Zen saat ditemui Media Center di ruang kerjanya belum lama ini.

Lebih jauh Zen menyampaikan, otomasi perpustakaan sangat bermanfaat bagi pengelola perpustakaan atau pustakawan, mulai dari mengatasi keterbatasan waktu hingga mempermudah akses informasi.

“Banyak sekali manfaat jika digunakannya sistem otomasi di perpustakaan sekolah, yakni dapat mempercepat proses pengolahan, mempermudah pendataan peminjaman dan pengembalian buku, dapat meringankan pekerjaan, meningkatkan layanan, menghemat biaya, menumbuhkan rasa bangga, dan mempermudah dalam pelayanan untuk kepentingan akreditas,” tutupnya. (Ic/ANDI)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *