MEDIA CENTER REJANG LEBONG : Dinas Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong, menggelar kegiatan Pelatihan Pemandu Wisata Alam – Ekowisata Tahun 2019 di Aula Hotel Golden Rich 88 Curup, Senin (2/12).

Pembukaan pelatihan pagi itu dibuka oleh Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rejang Lebong, R. A. Denni, SH. MM, hadir pula Kepala Dinas Parisiwata (Dispar) RL, Upik Zumratulaini besert jajaran, serta diikuti oleh para peserta pelatihan.

Dalam laporannya, Kepala Dispar Rejang Lebong, Upik Zumratulaini mengatakan, pelatihan pemandu wisata alam ini dilaksanakan selama 4 hari, dari tanggal 2 sampai 5 Desember 2019, berjumlah 70 orang peserta.

“Para peserta ini terdiri dari kelompok sadar wisata, pelaku dan penggiat usaha wisata, TNKS, BKSDA, Media, Staf Dinas Pariwisata, dan Dinas Instansi Terkait di Kabupaten Rejang Lebong,” ujar Upik.

Upik menjelaskan bahwa, pelatihan ini dalam rangka memberikan pemahaman terhadap para pemandu wisata tentang segala obyek wisata yang ada di Kabupaten Rejang Lebong, supaya para wisatawa mendapatkan berbagai macam informasi terkait dengan wisata yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

“Pemandu wisata atau pramuwisata adalah petugas yang memberikan bimbingan, penjelasan dan petunjuk tentang objek wisata serta membantu segala kebutuhan wisatawan,” ujar Upik.

Selain itu, Sekda Kabupaten Rejang Lebong, R. A. Denni memberikan apresiasi kepada Dinas Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong karena telah memberikan pelatihan kepada para pemandu wisata yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

Melalui pelatihan ini, lanjut Sekda, dirinya berharap agar para pemandu wisata ini benar-benar dapat menguasai dan memahami wisata yang dipandu oleh masing-masing peserta.

“Harapan kami dengan adanya pelatihan ini dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan wisata sekaligus mampu menciptakan pemandu wisata yang handal sebagai ujung tombak atau garda terdepan dalam mengenalkan kepariwisataan di Kabupaten Rejang Lebong,” pungkasnya. (ANDI)

15 total views, 4 views today