BPBD RL Gelas Sosialisasi Program Desa Tangguh Bencana

//BPBD RL Gelas Sosialisasi Program Desa Tangguh Bencana

BPBD RL Gelas Sosialisasi Program Desa Tangguh Bencana

MEDIA CENTER REJANG LEBONG: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rejang Lebong, Senin pagi, 29 September 2018, menggelar koordinasi dan sosialisasi program desa tangguh bencana, yang dilaksanakan di ruang pola pemkab Rejang Lebong.

Sosialisasi tersebut dibuka langsung oleh Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rejang Lebong, R. A. Denni, didampingi oleh Ketua Komisi III DPRD RL, Kepala BPBD Prov. Bengkulu, Kepala BPBD RL, serta dihadiri unsur FKPD dan puluhan peserta sosialisasi.

Kepala BPBD RL, Basuki mengatakan, tujuan koordinasi dan sosialisasi pembentukan Desa tangguh bencana ini, untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman yang sama terkait upaya pengurangan resiko bencana kepada masyarakat dalam menghadapi bencana.

“Tujuan kita untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada masyarakat, apa yang harus dilakukan, kemudian bagaimana cara mengevakuasi masyarakat yang baik jika nantinya terjadi bencana,” ujar Basuki kepada Media Center.

Basuki menjelaskan, sosialisasi desa tangguh bencana diikuti 70 orang peserta dari dua desa yang ada di Kecamatan Sindang Dataran, yakni desa Empat Suku Menanti dan Desa Talang Berita.

“Alasan dua desa ini kita pilih karena desa empat suku menanti dan desa talang belitar ini merupakan desa terdekat yang ada di kawasa Gunung Kabah (gunung berapi). Dua desa inilah yang berpotensi besar terkena dampak jika nantinya gunung kaba meletus,” ucapnya.

Sementara itu, Sekda Denni mengatakan, pembukaan sosialisasi program desa tangguh bencana ini, pemerintah daerah Kabupaten Rejang Lebong mengajak ketua Komisi III DPRD Rejang Lebong. Agar anggota dewan tersebut dapat mengetahui dan ikut serta dalam program desa tangguh bencana ini.

“Pembukaan sosialisasi program deaa tangguh bencana ini kita mengajak ketua Komisi III DPRD Kabupaten Rejang Lebong, supaya mereka juga ikut terlibat dalam  program ini. Dalam pelaksanaan program desa tangguh bencana ini tidak lepas dari pembiayaan,” Jelas Denni kepada Media Center.

Dalam kesempatan itu juga, Sekda Denni berharap kepada para peserta untuk dapat mengikuti sosialisasi ini dengan baik sehingga ilmu yang didapat dapat disosialisasikan kepasda masyarakat.

“Peserta yang ikut sosialisasi inikan tidak seluruh masyarakat Desa, tetapi hanya perwakilan saja. Untuk itu saya harap para peserta sosialisasi ini dapat mensosialisasikan lagi ke Desa masing-masing,” pungkasnya. (ANDI)

By |2018-10-02T08:38:36+00:00September 29th, 2018|Categories: Berita|Komentar Dinonaktifkan pada BPBD RL Gelas Sosialisasi Program Desa Tangguh Bencana

About the Author: