Bappeda Gelar Sosialisasi Program Sanimas IDB Tingkat Kabupaten Rejang Lebong Tahun Anggaran 2018

//Bappeda Gelar Sosialisasi Program Sanimas IDB Tingkat Kabupaten Rejang Lebong Tahun Anggaran 2018

Bappeda Gelar Sosialisasi Program Sanimas IDB Tingkat Kabupaten Rejang Lebong Tahun Anggaran 2018

MEDIA CENTER REJANG LEBONG: Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Rejang Lebong menggelar sosialisasi program sanitasi berbasis masyarakat (Sanimas) Islamic Development Bank (IDB) tingkat Kabupaten tahun anggaran 2018, yang diselenggarakan di ruang pola Setdakab Rejang Lebong, Rabu (18/4) pagi.

Sosialisasi ini dibuka langsung oleh Bupati Rejang Lebong Dr. H. Ahmad Hijazi, SH, M.Si dan dihadiri pula di antaranya Ketua DPRD Rejang Lebong, sejumlah Kepala OPD, Ketua CMU Program Sanimas, Sat Katker PSPLP program sanimas IDB, Ketua PPIU Provinsi Bengkulu, Ketua DPPU Rejang Lebong, Camat serta Lurah/Kades se Rejang Lebong.

Dalam sambutannya, Hijazi mengatakan, Program Sanimas bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat demi mencapai kualitas kehidupan masyarakat serta meningkatkan komitmen pemerintah daerah dalam penyelenggaraan sanitasi, dan meningkatkan pemahaman dan kesadaran akan sanitasi dan promosi perilaku hidup bersih dan sehat.

“Dalam penyelenggaraannya, kegiatan ini lebih menekankan keterlibatan masyarakat secara utuh, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan pembangunan sampai dengan pengelolaan sarana,” ujar Hijazi.

Hijazi menjelaskan, program sanimas IDB di Kabupaten Rejang Lebong telah dimulai sejak tahun 2014 lalu. Melalui program ini, telah dibangun 20 paket sarana instalasi pengolahan air limbah (IPAL) di 20 Kelurahan/Desa dengan anggaran IDB mencapai 8,5 miliar rupiah.

“Tahun 2018, pembangunan IPAL akan dilanjutkan di 5 Kecamatan yang ada di perkotaan yakni, Curup Kota, Curup Tengah, Curup Timur, Curup Selatan dan Curup Utara dengan total anggaran IDB yang disediakan sebesar 10,625 miliar rupiah,” jelas Hijazi.

Hijazi juga menegaskan kepada Desa/Kelurahan yang mendapatkan dana hibah dari program sanimas IDB tahun anggaran 2018 untuk melaksanakan kegiatan pembangunan secara baik dengan mengacu kepada aturan yang benar.

“Saya menegaskan kepada petugas yang telah ditunjuk oleh pemerintah Desa/Kelurahan pada masing-masing lokasi untuk benar-benar melaksanakan tugasnya sesuai amanat yang telah diberikan,” tegas Hijazi.(Ic/ANDI)

By |2018-04-18T23:28:23+00:00April 18th, 2018|Categories: Kegiatan Kabupaten|Tags: |Komentar Dinonaktifkan pada Bappeda Gelar Sosialisasi Program Sanimas IDB Tingkat Kabupaten Rejang Lebong Tahun Anggaran 2018

About the Author: