Perpustakaan Daerah Bakal Kerjasama Dengan Desa

//Perpustakaan Daerah Bakal Kerjasama Dengan Desa

Perpustakaan Daerah Bakal Kerjasama Dengan Desa

MEDIA CENTER REJANG LEBONG: Bagian Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Rejang Lebong akan melakukan kerjasama dengan Perangkat Desa guna untuk memaksimalkan fungsi perpustakaan desa yang terkesan belum maksimal. Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Bagian Perpustakaan dan Arsip Daerah Rejang Lebong, M. Zen, S.Pd kepada tim Media Center saat ditemui di ruang kerjanya belum lama ini.

“Sampai sekarang perpustakaan desa masih bisa dikatakan belum maksimal, untuk mengatasi masalah ini, kami akan melakukan kerjasama dengan perangkat desa, sebab, Dana Desa dapat juga digunakan untuk perpustakaan desa dan dikelola oleh masyarakat desa itu sendiri,” ujar Zen.

Zen mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kepala Desa di 15 Kecamatan di Kabupaten RL untuk membahas sekaligus menjalin kerjasama demi memaksimalkan fungsi perpustakaan desa.

“Kita sudah melakukan pertemuan, berkoordinasi dengan Kepala Desa, dan alhamdulillah mereka semua setuju, contonya saja di Desa Karang Jaya, mereka akan menganggarkan anggaran untuk perpustakaan desa ini sebesar 80 juta,” jelas Zen.

Zen mengungkapkan, peran perpustakaan Desa sangat penting bagi masyarakat sebagai salah satu sarana atau media yang efektif untuk mendapatkan informasi.

“Perpustakaan desa sebagai salah satu upaya untuk menunjang proses belajar, membina dan dapat mencerdaskan masyarakat sebagai modal dalam meningkatkan kegiatan pembangunan,” ucapnya.

Kedepannya, tambah Zen, pihaknya akan mengadakan bimtek khusus tentang pengelolaan perpustakaan desa, yang nantinya masing-masing desa akan mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti bimtek tersebut.

“Setiap Perpustakaan Desa memerlukan tenaga pengelola yang berkualitas, sehingga dapat mengelola dan memfungsikan perpustakaan dengan baik dan benar dalam upaya menyediakan informasi sebagai sarana peningkatan sumber daya masyarakat,” tutupnya. (Ic/ANDI)

By |2018-03-13T18:06:11+00:00Maret 13th, 2018|Categories: Berita|Komentar Dinonaktifkan pada Perpustakaan Daerah Bakal Kerjasama Dengan Desa

About the Author: