Ayo Raih WTP 2013

Jika Adipura merupakan penghargaan untuk audit kebersihan lingkungan, maka WTP (Wajar Tanpa Pengecualian), merupakan “Adipura” untuk audit bidang keuangan dan aset, yang artinya pengelolaannya bersih dari penyimpangan.Laporan keuangan pemda yang diaudit terdiri tiga macam yakni keuangan dan aset, kepatuhan, dan sistem pengendalian intern. Karenanya untuk upaya perbaikan pengelolaan keuangan dan aset, tiap daerah harus menyusun langkah yang konkrit dan terarah.Namun harus diketahui, opini WTP bukan suatu jaminan indikator pemerintahan yang bersih dan baik. Poin yang lebih penting adalah prosesnya, karena menunjukkan tingkat kualitas birokrasi.

Untuk mendapatkan  opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) laporan keuangan pemerintah Kabupaten Rejang Lebong, seluruh PNS harus tahu apa itu WTP dan Opini BPK lainnya.

4 Jenis Opini Auditor BPK

  1. Opini yang paling baik adalah WTP/Wajar Tanpa Pengeculian (Unqualified Opinion). Opini ini diberikan karena auditor meyakini, berdasar bukti-bukti audit yang dikumpulkan, laporan keuangan telah bebas dari kesalahan-kesalahan atau kekeliruan yang material. Tahun 2012 ini 67 pemda mendapatkan opini WTP..
  2. Opini terbaik kedua adalah WDP/Wajar Dengan Pengecualian (Qualified Opinion). Opini diberikan karena meskipun ada kekeliruan, namun kesalahan atau kekeliruan tersebut secara keseluruhan tidak mempengaruhi kewajaran laporan keuangan.Tahun ini ada 316 pemda mendapatkan opini WDP, termasuk kabupaten Rejang Lebong.
  3. Opini paling buruk adalah Tidak Wajar (Adverse Opinion). Opini diberikan karena auditor meyakini, berdasar bukti-bukti yang dikumpulkannya, bahwa laporan keuangan mengandung banyak sekali kesalahan atau kekeliruan yang material. Artinya, laporan keuangan tidak menggambarkan kondisi keuangan secara benar.Tahun 2012 ini ada 6 pemda yang mendapat opini tidak wajar.
  4. Opini Tidak Memberikan Pendapat atau Menolak Memberikan Pendapat (Disclaimer Opinion) tidak bisa diartikan bahwa laporan keuangan sudah benar atau salah. Opini diberikan karena auditor tidak bisa meyakini apakah laporan keuangan benar atau salah. Ini terjadi karena auditor tidak bisa memperoleh bukti-bukti yang dibutuhkan untuk bisa menyimpulkan dan menyatakan apakah laporan sudah disajikan dengan benar atau salah. Ada 36 pemda yang mendapat disclaimer dari auditor BPK..

Di era keterbukaan informasi, pemerintah dituntut mampu memberi informasi kepada masyarakat tentang penyelenggaraan negara dan pembangunan, terutama kinerja keuangan suatu instansi pemerintah.

Instruksi Bupati Rejang Lebong

Dalam sebuah pertemuan tanggal 17 Maret 2012 di gedung Pola pemdakab yang dihadiri seluruh pejabat, kadis dan camat, bupati RL menyampaikan harapannya agar RL dapat membenahi pengelolaan keuangan sehingga dapat meraih WTP. Opini BPK yang diraih RL selama ini adalah WDP (wajar dengan pengecualian atau qualified opinion). Salah satu penghambat untuk meraih WTP adalah buruknya pengelolaan aset. Pada kesempatan tersebut Bupati memberikan beberapa instruksi, di antaranya :

  1. Seluruh aset di Badan/SKPD dan pemda agar diinventarisir dengan baik. Misal tanah disertifikasi dengan dana hibah yang dikelola bagian umum pemdakab,aset yang perlu dilelang agar segera dilakukan lelang secepatnya, aset tanah/bangunan dari instansi vertikal agar segera diurus ke propinsi. Diharapkan tahun ini seluruh aset sudah terdata dan terverifikasi dengan baik.
  2. Dalam pengelolaan keuangan agar dicek kembali sehingga saat pemeriksaan oleh aparat fungsional tidak ditemukan masalah hukum. Jika ada kekurangan dan kekeliruan agar segera diperbaiki.
  3. Dibentuk tim untuk melakukan verifikasi aset ke SKPD yang banyak mengelola aset, seperti Kimpraswil, Pertanian, Kesehatan, Diknas, dll
  4. Agar dibuat rencana aksi untuk penataan pengelolaan keuangan dan aset dan menggunakan IT, seperti yang ditawarkan BPKP (Simda) atau Depdagri (SIKD).

Ayo kita dukung komitmen Bupati Rejang Lebong untuk mendapatkan WTP 2013 melalui pengelolaan keuangan dan aset yang bebas penyimpangan..

Artikel terkait : Komitmen Bupati RL Menuju WTP

Komentar Facebooker

komentar FB


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>