UPT PUSKESMAS PRUMNAS GELAR BIMTEK KADER KESEHATAN 211

Home » UPT PUSKESMAS PRUMNAS GELAR BIMTEK KADER KESEHATAN 211

UPT PUSKESMAS PRUMNAS GELAR BIMTEK KADER KESEHATAN 211

MEDIA CENTER REJANG LEBONG: Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Prumnas, Jum’at sore, 15 Februari 2019, menggelar Bimbingan Teknik (Bimtek) Kader Kesehatan 211, di SDN 07 Curup, Kelurahan Batu Galing, Kecamatan Curup Tengah, Kabupaten Rejang Lebong.

Bimtek tersebut dibuka oleh Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Rejang Lebong, Syamsir, SKM, MKM, didampingi oleh kepala UPT Puskesmas Prumnas, Agusti Alansar, S. Kep, Camat Curup Tengah, Decky Eka Putra, serta dihadiri para Lurah di Kec. Curup Tengah dan para kader kesehatan 211.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kab. Rejang Lebong, Syamsir mengatakan tahun 2018 Dinas Kesehatan dan UPT Puskesmas Prumnas sudah melaksanakan bimtek kepada kader kesehatan 211. Bimtek yang dilaksanakan saat itu dilakukan per program, ada 14 program utama diantaranya program Kesehatan Lingkungan, Gizi, Germas, Kesejahteraan Ibu dan Anak, Jaminan Kesehatan dan program lainnya.

Sedangkan di tahun 2019 ini, seluruh program tersebut dijadikan dalam satu program, kemudian diberinama program Kesehatan Pendekatan Keluarga atau program KPK. Syamsir menyampaikan bahwa program KPK ini merupakan inovasi terbaru dan menjadi program unggulan Dinas Kesehatan di tahun 2019 ini.

“Bimtek ini kita lakukan per Desa/Kelurahan, tidak lagi per program. Jadi ke 14 program itu kita masukkan kedalam program yang kita namakan program kesehatan pendekatan keluarga atau yang lebih dikenal dengan program PKK ,” ucapnya.

Syamsir memaparkan dalam pelaksanaan bimtek kader kesehatan ini, pihaknya telah menyediakan belangko khusus untuk diisi oleh para kader. Dalam belangko tersebut para kader diwajibkan mengisi status kesehatan di masing-masing wilayah atau tempat tinggal para kader.

“Ada empat blangko yang wajib diisi. Kita menargetkan dalam satu minggu kedepan seluruh data yang diisi oleh para kader ini dapat selesai direkap. Dengan begitu, kita dapat mengetahui status kesehatan di wilayah itu, baik itu di Desa, Kelurahan bahkan di Kecamatan,” jelas Syamsir.

Dalam pelaksanaan bimtek ini, kata Syamsir, pihaknya mengundangan 2500 kader kesehatan. Syamsir mengatakan di Kecamatan Curup Tengah, khususnya diwilayah UPT Puskesmas Prumnas terdapat 7000 kepala keluarga.

“Kalau dihitung-hitung dari 7000 kepala keluarga, kemudian kita bagikan 2500 kader artinya satu kader tersebut bertanggung jawab tiga kepala keluarga,” kata Syamsir.

“Saya harap para kader kesehatan 211 ini dapat mengetahui kesehatan di wilayahnya masing-masing. Paling tidak dirumah kader itu sendiri,” pungkasnya. (ANDI/YAYIN)

80 kali dilihat, 12 kali dilihat hari ini

By |2019-03-01T09:39:41+07:00Februari 16th, 2019|Categories: Berita|Komentar Dinonaktifkan pada UPT PUSKESMAS PRUMNAS GELAR BIMTEK KADER KESEHATAN 211

About the Author: