Tahun ini, Pemkab Kembali Bangun 3 Masjid dan 1 Pesantren Baru

Jamaan Nur, Kabag Kesra Setda Kabupaten Rejang Lebong.

MEDIA CENTER REJANG LEBONG: Masih dalam rangka mendukung program Kota Religius, tahun 2018 ini Pemkab Rejang Lebong berencana membangun 3 buah masjid dan 1 pondok pesantren baru. Demikian antara lain dikemukakan Kabag Kesra Setdakab Rejang Lebong Jamaan Nur ditemui di kantornya, Jumat (12/02).

“Permintaan Pak Bupati itu cuma membangun 3 masjid dan 1 pesantren, yang pembangunannya akan diserahkan ke Dinas PU,” ungkap Jamaan.

Jamaan menjelaskan Pemkab Rejang Lebong akan menganggarkan Rp 600-an juta untuk membiayai pembangunan per satu unit masjidnya. Sementara itu, masyarakat yang akan diberikan bantuan tersebut sebelumnya dipersyaratkan menyiapkan lahan hibah seluas minimal 20 m x 30 m.

“Untuk lokasinya nanti di daerah Kota Padang, SBI, dengan Selupu Rejang. Terus nantinya akan dibangun juga untuk wilayah lainnya seperti Bermani Ulu, Bermani Ulu Raya dan daerah lainnya sampai 15 kecamatan,” sebut Jamaan.

Selain masjid, Pemkab juga berencana menambah 1 unit pesantren lagi. Kali ini Pemkab akan membangun pesantren di Kecamatan Bermani Ulu Raya tepatnya di Desa Bangun Jaya. Sebelumnya Pemkab telah membangun ponpes Tebu Ireng di Desa Air Kati Lembak.

“Kita belum tahu pesantren apa yang akan kita bangun nantinya. Tapi yang jelas masyarakat sudah memberikan tanah hibah ke pemerintah daerah sekitar 2 hektar. Dan di atas tanah itulah nanti akan kita bangun pesantren,” terangnya.

Dengan dibangunnya sejumlah fasilitas ibadah dan pondok pesantren ini, kata Jamaan, bupati berharap ada perubahan signifikan terhadap perbaikan akhlak bagi masyarakat di Kabupaten Rejang Lebong. Dan, berimplikasi terhadap penurunan angka kejahatan di daerah tersebut. (FRANKY ADINEGORO)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *