Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Rejang Lebong Drs. Noprianto, MM

MEDIA CENTER REJANG LEBONG: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Rejang Lebong hingga saat ini terus berupaya memenuhi jumlah ideal guru PNS di masing-masing sekolah, baik itu untuk guru SMP maupun guru di masing-masing SD. Apalagi dan catatan mereka baru ada 27 sekolah yang dinilai memiliki jumlah guru PNS yang ideal sesuai dengan standar pelayanan minimal.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Rejang Lebong Drs. Noprianto, MM melalui Kabid Pembinaan Ketenagaan Erwan Suganda, SH menjelaskan, jumlah total SD dan SMP Negeri yaitu 216 sekolah. Dan jumlah tersebut berdasarkan Standar Pelayanan minimal sudah ada 27 sekolah yang dinilai ideal atau pas jumlah guru PNS, sedangkan, untuk jumlah sekolah yang dinilai masih belum ideal ada 187 sekolah dan dua lagi kelebihan guru masing-masing satu orang.

ÔÇ£Metode penghitungan jumlah ideal guru itu sendiri dalam satu sekolah berdasarkan rombongan belajar serta kebutuhan mata pelajaran. Tahun depan kita akan upayakan pemenuhan jumlah ideal guru PNS di setiap sekolah bisa terus meningkat,ÔÇØ terang Erwan.

Erwan menambahkan, saat ini pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi masalah tersebut, salah satunya dengan mengusulkan metode Standar Pelayanan Minimal berdasarkan zonasi atau domisili. serta menyesuaikan dan memenuhi proporsi guru, baik soal kompetensi, kwantitas maupun kualitas guru di seluruh sekolah.

ÔÇ£Kita juga akan berupaya mengoptimalkan proses dan mutu (kegiatan belajar mengajar, red) secara merata. Salah satunya dengan mendorong terbentuknya kelompok-kelompok diskusi guru matapelajaran di SD maupun SMP. Agar tercipta persamaan persepsi mulai dan pelaksanaan kurikulum hingga metode pembelajaran. Yang muaranya untuk meminimalisir kesenjangan mutu dan kualitas pendidikan di seluruh sekolah yang ada, ujar Erwan. (MC/ical)

50 total views, 1 views today